5 Syarat Menjadi Penulis Artikel Website atau Blog Yang Dibayar

27 comments
Menjadi penulis artikel website, jasa penulis artikel, jasa content writer
Menjadi seorang penulis terutama penulis artikel yang dibayar, setidaknya memiliki beberapa kriteria atau syarat. Bukan syarat yang mutlak dan formal seperti CV untuk lamaran kerja, melainkan syarat atau kriteria untuk diri sendiri agar memberikan tulisan yang berbeda, berkwalitas, informatif dan user experience. Beberapa waktu lalu, saya iseng memesan beberapa artikel di salah satu jasa penulis konten melalui sebuah situs. Dan ternyata, tulisan yang di berikan kurang membuat saya puas. Pasalnya, yang ditargetkan adalah jumlah kata, jadi terkesan agak memaksakan dan kurang informatif.

Menjadi penulis artikel lepas tidak semata-mata memberikan artikel murah kemudian dibanjiri banyak job. Melainkan, bagaimana kita bisa menghargai usaha kita sendiri dalam sebuah pekerjaan. Jangan salah, penulis lepas juga sebuah pekerjaan lo.. bedanya mereka termasuk saya, tidak memakai pakaian formal dan tidak harus duduk baik di satu tempat seperti kantor. Artikel yang ditulis oleh penulis artikel blog/website untuk orang lain, sudah selayaknya seperti kita menulis artikel untuk diri sendiri. Dan inilah poin-poin syarat menjadi penulis artikel yang baik dan berkwalitas, jadi bukan cuma murah :D.

  • Siap Dibebani dengan Tanggung Jawab

Point ini adalah point terpenting dalam sebuah pekerjaan. Bukan seorang pekerja yang ada dikantoran saja yang wajib bertanggung jawab atas pekerjaannya, melainkan penulis artikel untuk website tertentu juga harus siap di bebani tanggung jawab. Oleh karena itu, berkata jujur sebelum menerima job menulis seperti kegiatan sehari-hari dan kemungkinan-kemungkinan lain harus di bicarakan sebelum kontrak kerjasama disepakati. Selain itu, penulis artikel juga harus memiliki beberapa ketentuan seperti revisi dll dengan jelas serta tidak membingungkan. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu di kemudian hari.

  • Selalu Mengupgrade kemampuan

Seorang penulis baik itu dibayar atau tidak, untuk websitenya sendiri atau website orang lain, harus mengupgrade ilmunya dengan banyak membaca tentang dunia kepenulisan. Bukan berarti saya adalah penulis konten yang memiliki banyak ilmu-ilmu kanuragan yang oke punya ya.. Tapi saya selalu berusaha untuk mengupgrade cara penulisan saya dari waktu kewaktu. gak lucu kan kalau pemesan jauh lebih pintar dari pada penulisnya. Bukan berarti menyepelekan ya, hal itu akan berdampak kebosanan karena sang pemesan artikel membaca sebuah tulisan yang membosankan dari penulis kontennya, dijamin deh.. gak bakalan order lagi kecuali terpaksa haha.

  • Paham dan Mengerti apa Yang ditulis

Syarat menjadi penulis artikel website atau blog dan kemudian membuka jasa penulis artikel baik untuk review atau adsense adalah paham dan mengerti apa yang ditulis. Selain tuntutan sebuah pekerjaan sebagai content writer, ternyata pemahaman akan topik yang akan ditulis juga sangatlah penting. Pasalnya, semakin paham seorang penulis dengan apa yang akan menjadi pekerjaannya akan membuat semakin baik artikel yang dibuat. Bahasa yang tidak rancu dan dengan menggunakan istilah-istilah yang tidak salah kaprah dengan penempatan yang tidak tepat.

  • Mencintai Dunia Menulis

Sebenarnya syarat yang keempat ini adalah yang paling mendasar dari semuanya. Cinta selalu membuat segalanya menjadi indah, begitupun dengan kecintaan kepada dunia kepenulisan khususnya bagi mereka yang membuka jasa penulis artikel website. Jadi bukan hanya semata-mata karena uang ya...

  • Percaya Diri


Awal mula menjadi penulis kontent yang di bayar, saya kurang percaya diri bahkan merasa tidak pantas. Namun, setelah beberapa kali menjual artikel, saya mulai percaya diri dengan tulisan saya. Intinya, sebaiknya kita membangun kepercayaan diri sejak awal berniat untuk menjadi penulis, jangan takut sebelum memulai.

Dan.. itulah 5 syarat menjadi penulis artikel bayaran menurut saya, dan jika anda berminat untuk ikut mengais receh dari dunia menulis menjadi penulis konten/penulis lepas melalui situs JBA.com, anda bisa membaca syaratnya. Kalau setuju, silahkan menghubungi kami melalui contact. Jika waktu nganggur anda bisa jadi uang, mengapa tidak dimanfaatkan? Salam sukses!

27 comments:

  1. Kalau punya keinginan menulis dan dihargai, silahkan kirimkan tulisan anda di blog Penulis Partukkoan, ini resmi dan setiap artikel atau tulisan akan dibayar sebesar Rp. 10.000, -

    Silahkan dicoba, sebab sebuah tulisan itu sangatlah berharga.

    Segera kirimkan tulisan anda di redaksi@partukkoan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya anya ibu rumah tangga igin cari tambaan untuk biaya anak sekolah ada yg bisa bantu utuk memberi kerjaan

      Delete
  2. cukup menginspirasi,, tp terkadang rasa malas nulis meski sudah banyak gagasan di otak. saya biarkan untuk mengendap saja , ,

    ReplyDelete
  3. Bukan masalah malas atau apa gan, taoi mengatasi rasa kurang percaya diri dari tulisan karya sendiri itu yang susah,,,

    ReplyDelete
  4. Informasi yg berharga mas untuk seseorang yg baru ingin mencoba menjadi content writer seperti saya..
    Dan apakah ada cth artikel yg bs di jadiin referensi tidak mas? Mohon bantuannya.. terima kasih

    ReplyDelete
  5. Artikel ini sangat membantu bagi newbie seperti saya. Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Izin menerapkan syarat2 nya gan.. :D Kunjungi juga website newbie

    ReplyDelete
  7. setuju apa yang dikatakan mbak diatas, untuk kepercayaan diri menurut ane itu datang seiring keberanian agan untuk menjual tulisan dilakukan. Karena kalo cuma mikir2 terus kapan hasilnya, yang ada malah jadi beban di pikiran. Menurut ane yang membuat kurang percaya diri itu takut dibilang tulisan nya jelek! kalo jelek ya harus belajar lagi supaya lebih bagus, banyak baca2 jangan sekali-kali kopas milik orang, kalo kopas mending kopas ide aja dan tulis kembali dengan gaya bahasa sendiri. hehehe maaf mbak kepanjangan cuma tulisan newbie

    ReplyDelete
  8. saya jadi ingin mencobanya,, namun saya ingin mempelajari apa yang di tulis admin di blog ini, karena tulisan admin sangat membantu juga mendorong saya memulai, terima kasih sudah berbagi,..

    ReplyDelete
  9. Saya juga belajar menulis, saya seneng saja, saya juga baru pengang android, mungkin saya terlalu kuno, tapi menulis adalah kesenangan saya waktu kecil. Saya nggak peduli orang bilang tulisan saya jelek. Jika ingin nulis ya nulis saja.

    Beruntung yang hidup di era sekarang, nulis salah tip ex, stippo, mana ada alat itu waktuku kecil. Sekarang tambah irit lagi, tulis sendiri, baca lagi, koreksi tinggal klik, yang salah jadi bener deh. jadi ngiri deh.

    Makanya tulis aja gan, hahaha. Bahasa gan ini juga baru kutemukan di dunia maya. Gan sama dengan juragan kalo gak salah. Asyik juga, akrab kesannya.

    Tulis saja, tulis apa saja, jangan ragu. Kata bapakku, kluarkan yang ada di otakmu pindah ke pulpen, nanti juga baik sendiri. Boleh di coba kok. Karena akupun masih mencoba.

    Tx yang sudah bikin artikel, bagus ini, sangat membantu dan sangat menginspirasi.

    ReplyDelete
  10. saat ini saya sedang belajar dan mendalami dunia tulis, tetapi saya masih bingung bagaimna caranya untuk sebuah blog bisa dibayar dan menghasilkan? saya masih belum paham. tolong infonya

    ReplyDelete
  11. saat ini saya sedang belajar dan mendalami dunia tulis, tetapi saya masih bingung bagaimna caranya untuk sebuah blog bisa dibayar dan menghasilkan? saya masih belum paham. tolong infonya

    ReplyDelete
  12. Wah saya mau menulis tapi kadang idenya hanya keluhan... bias dijadikan keluhan itu tulisan?

    ReplyDelete
  13. Iya sihh... Intinya kalo mau jadi penulis itu harus percaya diri abis.. Awalnya emang agak sulit, tapi semakin banyak latihan semakin mudah aja tuh. Thanks for sharing bro..

    ReplyDelete