Harga Artikel di Situs JualBeliArtikel.com

2 comments
Sudah sekitar 3 bulan saya menjadi seorang penulis content yang berpenghasilan. Jujur saja, saya kurang puas dengan penghasilan ini, seharusnya saya bisa mendapatkan lebih dengan job yang banyak yang bisa saya handle. Anggap saja saya bisa menjual sekitar 10 artikel/day. Penghasilan minimal Rp100.000/day. Dan memang, sejauh ini saya belum memberikan harga yang jelas disitus jualbeliartikel.com ini, namun beberapa patokan yang menjadi alasan saya dalam menentukan harga adalah :

Cara kerja saya

Orang gak akan peduli dengan apa yang menjadi kehidupan offline saya, karena memang bukan urusan mereka. Biarpun saya punya anak bayi atau yang lainnya, mereka tetap menuntut keprofesionalitas'an atas apa yang mereka pesan. Dalam hal ini, ada beberapa pelanggan yang sangat mengerti apa yang kesibukan saya sekarang. Bahkan, mereka selalu memakluminya dan selama ini, saya menulis untuk mereka yang mengerti saja :D. Yang gak suka dan gak bisa ngertiin, ya sudah.. bukan rezeki saya ;).

Bahan Artikel

Tidak semua niche memiliki bahan yang memadai, bahkan ada yang sembarangan nyari topiknya. Dan saya sebagai penulis, bingung nyari referensi dimana, terlebih topik yang diinginkan hanya bisa didapat dari situs-situs lokal saja. Semakin sulit bahan yang saya butuhkan, semakin mahal harga yang saya berikan.

Bukan Jumlah Kata

Dalam sehari, ada sekitar 10 artikel bahkan lebih yang bisa dihasilkan dari pekerjaan saya ini. Namun, karena ada salah satu pelanggan setia yang harus sekaligus diposting di blognya, kadang saya hanya sampai draft sampai berhari-hari belum di posting. Nah disini kadang saya merasa sedih :)). Bagi saya, jumlah kata tidak jadi masalah jika bahannya banyak dan yang dibahas sangat jelas. Karena saya sangat malas mengulang-ngulang kata untuk mencapai target kata yang berujung pada pemaksaan kata yang dituntut menjadi artikel, dan akhirnya, artikel tidak relevan serta membosankan. Males saya bacanya!

Karena saya benar-benar bekerja!

Dan alasan yang ini adalah satu alasan yang paling tepat. Saya tidak peduli berapa banyak orang yang bertanya, Lolos copyscapekah tulisan yang kamu buat? Sejauh saya cek, tulisan saya unik, karena saya menggunakan bahasa sendiri, dan itu yang gak bisa dicontoh oleh orang lain. Mengalir seperti air dan fresh content seperti es buah yang segar :)) #lebay.

Dan dari beberapa alasan tersebutlah, saya mematok diatas Rp.12.000/artikel. Aggap saja saya seorang penulis yang memiliki harga mahal :p.

2 comments:

  1. saya berminat menjadi penulis artikel lepas yg di bayar, bagaimana ya mba caranya?

    ReplyDelete
  2. Kirim emailnya ke saya om, buat dihungin :)

    ReplyDelete