Penulis Konten, Peluang Bisnis Online yang Patut Dipertimbangkan

Leave a Comment
Sejak beberapa bulan yang lalu, saat masih berada di Kalimantan saya dan suami sudah berniat menerjunkan diri di dunia online dan memutuskan untuk menjadi seorang penulis konten/content writer dan membuka jasa kepenulisan artikel blog bahasa Indonesia. Alasannya, tentu saja selain tidak ingin menjadi karyawan yang dikasih jam kantoran, beberapa kali suami selalu kurang pas dengan pekerjaan yang dilakoninya. Banyak sebab, dari pandangan pribadi sampai pandangan menurut syariat. Tapi, biarlah itu menjadi diskusi kami berdua yang memang sudah meniatkan diri untuk berjalan di jalan yang halal nan baik. Komentar orang, kami tidak peduli jika hanya melemahkan.

Saya akui,  menjadi penulis konten itu tidaklah mudah. Harus memiliki kosentrasi penuh untuk mengerjakan satu artikel. Jika ada sedikit saja gangguan saat sedang asik menulis artikel yang baik dan benar, maka semuanya akan buyar dan mengulang ide menulis dari awal lagi. Apalagi, anak saya sedang pengen-pengennya diperhatikan di masa pertumbuhannya. Jadi menulis bukanlah hal yang mudah. Itu juga yang jadi sebab musabab, mengapa saya menjual hasil tulisan saya dengan harga yang sedikit mahal :D, kerja keras bro hehe..

Selain itu, banyaknya penulis konten website yang sudah tersebar juga harus jadi pertimbangan. Jika tidak mempertahankan kwalitas, maka menjadi penulis konten adalah pekerjaan yang akan ditinggalkan pelanggannya. Belajar dari pengalaman itu harus. Jika pelanggan yang dulu sudah tidak mau kembali, untuk pelanggan berikutnya, usahakan terus mempercayakan website dan kontennya kepada kita, penulisnya.

Dan secara tidak langsung, pekerjaan menjadi penulis konten merupakan peluang bisnis online yang patut dipertimbangkan. Dan berikut adalah beberapa alasan, mengapa bisnis menjadi content writer tak akan lekang oleh waktu:

Blog butuh artikel berkwalitas

Pengguna blog adsense atau yang lainnya pasti membutuhkan artikel untuk blognya. Jika yang dikerjakan ada puluhan bahkan ratusan blog, maka pemilik tidak akan sanggup mengerjakan semua kontennya sendiri. Disinilah dibutuhkan penulis konten untuk membantunya bekerja. Dan seperti yang kita tahu, Google AdSense akan terus memiliki banyak penggemar di dunia online ini, iya tidak?

Mengatasi ketidaktahuan 

Sub judulnya aneh :D. Maksudnya disini, banyak sekali orang-orang diluar sana yang ingin mulai berbisnis online tapi tidak bisa menulis. Nah, disinilah, orang yang pertama mereka cari adalah penulis konten yang dapat membantunya mengisi blog. Tidak semua orang memiliki ide buat nulis lo. Kadang ia hanya jago SEO, jago riset KW tapi gak jago nulis. Manusia kan penuh kekurangan bro hehe..

Semakin berkwalitas, semakin dicari

Prinsip saya, tidak segan memberi harga mahal untuk tulisan yang dibuat dengan sepenuh hati. Jika tidak laku, ya biarkan.. di posting di blog sendiri yang nantinya akan diterjunkan ke dunia AdSense juga :p. Tapi, jika tulisan kita berkwalitas, maka akan banyak orang yang mencari, siapa sih penulis konten yang mantab ini haha..

Nah.. mungkin ada pertimbangan lain mengapa menjadi penulis konten adalah sebuah bisnis online yang patut dipertimbangkan? Mungkin salah satunya juga adalah, sebagai penyalur hobi, tentu saja hobi yang gak gratisan hehe.

Bagaimana? Minat menjadi penulis konten dan membuka jasa? Atau ikut gabung di JBA, ini syaratnya ;)

0 comments:

Post a Comment