Mudahnya Memulai Menulis Artikel, Ini Tipsnya?

4 comments
Seorang teman pernah bertanya kepada saya,

"Mbak, gimana caranya bisa konsisten nulis, saya lihat blognya update terus?"

Gak segampang itu, kadang saya juga kehilangan banyak sekali ide dan nyaris gak bisa menulis sepatah katapun meski harus mengisi banyak sekali blog sendiri ditambah tanggungan pesanan artikel yang kadang nunggak sampai beberapa waktu lamanya karena gak dapet feel-nya. Kadang saya juga merasa benci dengan diri sendiri karena kemalasan-kemalasan itu.

"Lhoh.. Kok bisa mbak?"



Saya? ya jelas bisa donk, kan kita sama, manusia yang kadang memiliki tingkat jenuh yang luar biasa gak bisa dilawan. Dan beberapa hal ini cara yang biasa saya gunakan untuk kembali memulai menulis artikel apapun itu saat kehilangan ide nangkring di otak atau lagi malas banget nulis padahal harus update blog atau ngerjain job.

Mulai dari yang sederhana


Tulis apa saja yang mudah, entah curhatan gak mutu atau artikel gak penting lainnya untuk memulai kembali menulis. Tujuannya, kalau saya memang sengaja memancing 'emosi' untuk kembali menulis. Ulangi beberapa kali, bahkan saya sering memposting artikel-artikel gak begitu penting di blog pribadi saya. Setidaknya, saya memiliki pemantik untuk kembali kepada tuts keyboard untuk dimainkan kembali.

Cari inspirasi


Bisa dengan membaca atau nonton apapun yang bisa ditulis dan diceritakan ulang. Kembali kepada tips awal, mulai dari hal yang sederhana. Kalaupun ide belum ada, jangan dipaksakan karena akan menyita banyak sekali waktu untuk berpikir. Kalau kita sedang mood nulis, gak akan ada kata lambat atau kehilangan ide, semuanya ngalir begitu saja. Cuma memang untuk memulai menulis artikel itu kadang paling bingung mulainya dari manaaaa yaaaaaa...

Jaga Mood


Kalau sudah dapat mood untuk menulis, jangan sia-siakan kesempatan, buat saja draft artikel sebanyak-banyaknya. Sekuat jarimu menari, karena saat kita mulai enggan nulis lagi, paling tidak bisa edit ualng atau menulis kembali draft yang ada.

Membuat stok judul


Selain itu, kita juga bisa menyiapkan beberapa ide judul atau artikel yang akan kita tulis saat mood nulis kita dengan baik. Hal ini akan membantu kita membuat planing atau rancangan artikel yang akan dibuat.

Masih buntu juga?


Saatnya mandi, gosok gigi, jangan lupa sholat dulu dan pergi ke pulau kasur, tidur, besok kita coba lagi yaa.. :p

4 comments:

  1. Baik, kakak...besok saya coba lagi he he he.

    Aku malah seringnya kebanyakan judul, tapi ga ada waktu eksekusi. Kalo ada waktu timing ga tepat, ga cocok di pajang di blog and so on ...(*kebanyakan alesan yo, mbak wkwkkk)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakak? Saya masih adek adek lhoo haha..

      Delete
  2. Replies
    1. Ketawa? :D. Syukur deh, balik sudah itu mood nulisnya :p

      Delete