Bagaimana Cara Saya Untuk Menjadi Penulis Konten yang di Bayar di JualBeliArtikel.com?

8 comments
Semenjak blog ini berdiri, sudah ada beberapa teman yang ingin menjadi bagian dari penulis konten di Jualbeliartikel.com. Mereka menawarkan diri dan kebanyakan belum mengerti, bagaimana caranya agar tulisannya laku dijual atau bisa bergabung bersama JBA. Dari situlah saya kepikiran untuk membuat tulisan bagaimana caranya agar bisa menjadi penulis konten yang di bayar bukan hanya disitus ini saja.

Syarat-syarat menjadi penulis konten blog:


Kebanyakan dari mereka selalu bertanya, apa yang bisa saya lakukan untuk mendapat uang dari tulisan saya. Padahal, jika teman-teman tahu betapa berharganya tulisan yang dibuat, pasti ketagihan untuk mencoba dan membuat lagi dan lagi. Terlebih jika tulisan kita disenangi oleh pelanggan. Gak usah banyak-banyak pelanggan, minimal mereka setia dan percaya saja websitenya kita yang urus. Oleh karena itu, kepercayaan mereka harus dijaga dengan baik.

Dan berikut adalah syarat-syarat menjadi penulis konten blog melalui situs JBA:


Punya minat menulis

Persyaratan pertama tentu saja minat dan keinginan. Sudah banyak penulis yang berhenti ditengah jalan karena niatnya kurang pas. Berniat untuk menyalurkan hobi jauh lebih baik dari pada berniat menjadi penulis konten supaya dapat uang. Jikapun tujuan kita menjadi penulis adalah uang, tapi anggap saja itu sebagai bonus hehe.

Mencintai topik yang akan ditulis

Saya sendiri suka galau kalau diminta menulis sesuatu yang sama sekali tidak saya tahu. Misalnya saya diminta nulis tentang arsitektur atau tentang burung. Meskipun dibayar mahal, saya lebih memilih niche parenting yang sudah saya alami sendiri. Jadi, mencintai topik yang akan ditulis dan mengerti topik tersebut juga menjadi syarat penting untuk menjadi penulis konten di JBA.

Suka Membaca

Saya selalu membaca ulang setiap artikel yang dibuat. Tujuannya, tentu saja membenarkan kesalahan yang tidak disadari saat menulis. Memang sedikit membosankan bagian yang ini, tapi hal itu harus dilakukan. Pengalaman saya dulu waktu menjadi penulis konten dengan artikel yang saya minta seorang editor untuk membacanya, hasilnya tidak seperti yang saya mau, malah membuat artikel saya tidak berkwalitas karena EYD yang berantakan.

Tidak suka copas, Original dan Fresh

Ketentuan artikel yang dibuat dalam naungan JBA harus artikel yang tidak copas, original dan fresh. Meskipun dan sudah pasti kita mencari referensi sumber dari beberapa situs, tapi menulis dengan gaya penulisan sendiri sangat diutamakan dalam penulisan artikel.

Punya koneksi

Dari kesekian syarat menjadi penulis konten di JBA, koneksi juga harus di pertimbangkan. Percuma bisa semua tapi koneksinya gak ada. Beberapa kali saya kehilangan kontak penulis, karena mungkin gak ada koneksi dan akhirnya.. gagal menjadi salah satu penulis di JBA.

Tahu dan mengerti cara menulis artikel yang baik dan benar


Dari sekian banyak penulis yang mencoba bergabung, saya selalu dibuat geregetan sama penulis yang kurang mengerti dengan tanda baca. Hukum tanda baca dan EYD yang baik dan benar dalam sebuah tulisan adalah wajib adanya. Sebagai contoh, peletakan koma haruslah nempel pada kalimat pertama dan seterusnya terpisah di kalimat penyambungnya. Begitupun dengan titik. Dan yang simple seperti ini, masih banyak yang gak ngerti. Jadi, dari pada saya selalu mengomentari satu-satu, lebih baik dikoreksi dulu sebelum dikirim.

Bukan hanya untuk uang!


Tujuan saya membangun website ini adalah, untuk membangun kepercayaan pelanggan dengan memberi mereka artikel yang baik. Baik disini menyangkut, bagiamana artikel tersebut bisa memberikan solusi untuk pembaca. Informasi yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan serta tidak asal ambil sumber dari situs-situ yang tidak jelas demi mengejar dapat banyak artikel dan cepat dapat uang, No! Jika niatnya dari awal agar cepat dapat uang, lebih baik diundurkan saja untuk menulis. Jadikanlah uang hanya sebagai bonus, terlebih jika artikelnya bagus dan informatif.


Menyetujui kesepakatan

Kalau berbicara masalah uang, pasti ada salah satu pihak yang merasa segan atau tidak enak. Tapi masalah uang ini juga menjadi hal yang penting untuk di bahas pada awal-awal kerjasama. Biasanya, saya memberlakukan kesepakatan sebagai berikut:

  • Artikel di JBA selalu melalui proses editor dengan harga per 1 artikel Rp.1.000,-
  • Setiap 10 Artikel, selalu di cek dengan Copyscape premium, dengan harga $0,05/cek atau setara dengan Rp. 1.000.
  • Setelah dikurangi biaya-biaya diatas, pembagian hasil artikel yang terjual adalah 70:30 [ 70, penulis dan 30, website]. 
 Sebagai contoh: Jika anda mengirim 10 artikel dan artikel tersebut laku Rp.150.000, maka perhitungannya seperti ini:

Biaya editor: 10 artikel X 1.000 = Rp. 10.000
Biaya Copyscape premium/10 artikel = Rp. 1.000
Hasil penjualan: Rp. 150.000 - 10.000 - 1.000 = Rp. 139.000
Fee anda: 70% hasil penjualan = Rp. 97.300

Prosedur Pengecekan artikel di JBA

  • Anda mengirim artikel
  • Di cek oleh tim editor
  • Jika lolos, artikel kami terima namun jika tidak lolos tahap editor, kami akan mengembalikan artikel anda.
  • Terjual, 
  • Transfer pembayaran setiap akhir bulan / sesuai kesepakatan melalui bank BRI atau Mandiri. Selain 2 bank tersebut, fee transfer ke bank lain, ditanggung bersama.
Dalam hal ini, saya tidak menggaji, tapi saya berbagi. Jika setuju, mari kerjasama menjadi penulis konten yang berkwalitas dan baik serta memberikan manfaat untuk pembaca. Bukan hanya seorang penulis yang kejar setoran untuk uang.

Berikut adalah screenshot hasil penjualan artikel milik saya:



Semoga bisa dimengerti dan barokah :). Jika anda tertarik dan mau menerima beberapa syarat diatas, atau ingin bertanya untuk lebih jelasnya,  silahkan hubungi saya melalui contact yang sudah ada :).

8 comments:

  1. Halooo saya memiliki beberapa artikel tentang kesehatan, film, sport, dan kumpulan tips. Apakah admin bersedia menampung artikel saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan menghubungi saya via email mas Ibib :)

      Delete
    2. mba husnul saya sudah mengirimkan email terima kasih atas perhatiaannnya

      Delete
  2. kak....artikel ap saja yang dapat di tulis ?

    ReplyDelete
  3. mba.. saya boleh bergabung untuk menyumbang artikel? artikelnya apa aja ya yg bisa ditulis?

    ReplyDelete
  4. Wah menarik banget nih peluangnya. Sangat terbuka dan amanah...

    ReplyDelete
  5. Saya sudah menulis dan sudah mengirim di email,tapi kenapa belum ada balasannya?

    ReplyDelete
  6. dari kuliah saya menkompersilkan tulisan saya, sampai ini saya msh sering dpt job membuatkan skipsi jurusan PAI, bs bntu untuk mengkompersil lbh luas.

    ReplyDelete