Cara Menjadi Penulis Artikel yang Selalu Produktif

Leave a Comment
Menulis artikel sudah menjadi salah satu pekerjaan tetap saya sebagai seseorang yang mencintai dunia kepenulisan. Bukan hanya mereka saja yang udah mengenyam pendidikan tinggi, bahkan seorang yang hanya lulusan SMP seperti saya juga bisa menekuni bidang ini. Mungkin, awal saya membuka lowongan jasa penulis artikel karena saya sendiri senang menjadi seorang penulis konten. Saya suka menulis apapun dan saya senang menjadi seorang blogger. Dulu, saya terinspirasi dengan seorang penulis artikel terkenal yang senang membagikan karyanya di media sosial. Bahkan, saya memutuskan untuk membulatkan niat memakai jilbab pada tahun 2010 juga karena membaca tulisan sang penulis. Kita tidak pernah tau memang, kebaikan datang dari mana dan oleh siapa, yang saya tahu hanyalah menulis dan semoga menjadi seorang penulis yang memberikan manfaat kepada orang lain.



Nah, sebenarnya ada hal yang sulit dihindari oleh seorang penulis konten, yaitu melawan rasa malas dan mencoba untuk memulai menulis. Selain itu, kehabisan ide juga bisa bikin seorang penulis artikel merasa bosan. Jadi, sebenarnya tidak ada cara menjadi penulis artikel secara khusus sih, hanya saja kita perlu tau dulu apa yang akan kita kerjakan.

Mencintai dunia tulis


Pertama yang harus ditanamkan dalam hati saat menjadi seorang penulis adalah, kita mencintai dunia tulis menulis. Selain itu, kita juga harus senang membaca apapun untuk menambah wawasan. Tantangan menjadi seorang penulis artikel freelance adalah mampu mengatur waktu dengan sebaik mungkin. Waktu yang notabene tidak pernah terikat oleh sebuah instansi ataupun terikat dengan aturan tertentu. Namun karena menulis adalah sebuah tanggung jawab terlebih jika kita membuka jasa penulis artikel online, maka membagi waktu secara profesional akan membuat jasa yang kita jual diminati banyak orang.

Banyak Membaca Hal Menyenangkan


Jika membaca tema-tema yang berat adalah hal yang membosankan, maka mulai minat membaca kita dengan hal-hal yang menyenangkan dan ringan. Tidak gampang memang menjadi seorang content writer terlebih jika sudah membuka jasa penulis artikel SEO. Topik topik tentang SEO yang emang sedikit membosankan bagi yang baru mengenalnya, tentu akan berbeda jika kita menulis artikel tentang relationship ataupun tentang kesehatan. Dengan banyak membaca mulai dari hal sederhana, kita akan menemukan banyak kosa kata baru yang akan membuat artikel yang kita jual jadi lebih menarik.

Oh ya.. kalau mau tau cara saya membuat artikel jadi seo friendly, baca artikel ini ya.. Begini Cara Saya Mencari LSI Dan Trik Agar Jadi Artikel SEO Friendly

Ciptakan situasi yang tenang


Godaan lain yang bikin seorang penulis konten freelance adalah tidak langsung mulai menulis. Dan salah satu alasannya adalah kondisi yang kurang tenang dan banyak mendengar suara ribut. Dan dari sanalah rasa bosan dan malas karena susah memulai mengetik sebuah kata. Tahu gak sih.. masalah seorang penulis artikel meskipun ia adalah penulis artikel terkenal sekalipun, adalah ketika mereka kepengen nulis tetapi tidak bisa memulai. Kalau kamu udah ngalamin hal itu, berarti selamat kamu adalah seorang penulis hehe.

Anggap uang dan bayaran hanya sebagai bonus


Akhir-akhir ini, jasa penulis artikel banyak yang menjual hasil karyanya dengan harga yang murah. Mungkin karena banyak juga yang menawarkan jasa penulisan artikel di google dan di forum-forum. Memang sih, tujuan utama seorang yang membuka jasa penulisan artikel blog untuk adsense, toko online, blog travelling adalah uang. Namun jika kita hanya memikirkan uang saat menulis, maka hasil yang akan didapatkan berbeda dengan mereka yang menulis karena cinta. Seorang penulis artikel yang mencintai dunianya, akan memberikan artikel yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Artikel yang memang benar-benar ditulis dari sumber-sumber yang bisa dipercaya. Jadi catatan nih untuk siapa aja yang suka beli artikel murah, lihat dulu penulisnya, apakah dia benar-benar mencintai dunianya atau hanya sekedar mencari uang semata. Bukannya promosi sih, cuma saya juga pernah membeli artikel dari seorang penulis yang membuka jasa penulisan artikel adsense, dan itu artikelnya benar-benar menjengkelkan. Bukan kayak artikel yang ditujukan buat orang, tapi buat robot.

Dari sana juga saya belajar untuk tidak melakukan hal yang sama kepada orang yang membeli artikel kepada saya. Jadi saran saya juga nih ya... Bagi kamu yang memang sengaja mencari lowongan jasa penulis artikel untuk ikut menulis didalamnya, menulislah dengan baik dan memberikan hasil terbaik buat klien-klien kalian. Karena semua tulisan adalah tanggung jawab kita sebagai penulisnya. Semoga artikel ini bisa membantu ya... Salam semangat 45 :D.

Penulis Content Wajib Sehat! Tips Jaga Kesehatan Ala CEO Mayora

Leave a Comment
Penulis konten seperti saya ini selain bergantung pada ide dan pengetahuan, juga sangat bergantung pada kesehatan. Karena, apabila kesehatan menurun, kemampuan berpikir juga jadi di ikut berkurang. Pernah suatu saat, kondisi tubuh sedang tidak fit dan saya dipaksa untuk menulis karena ada artikel yang deadline segera tiba. Alhasil, alih-alih bisa menyelesaikan pekerjaan, kondisi badan yang tidak memungkinkan membuat pekerjaan jadi tertunda dan terbengkalai.



Karena, boro-boro mau diajak mikir dan cari ide. Diajak untuk duduk dan konsentrasi saja, rasanya sangat sulit. Karena itulah, apapun profesi kita, terlebih buat saya pribadi yang jual artikel, menjaga kesehatan itu sangat penting. Mengingat ini adalah pekerjaan utama buat saya, maka menjaga kesehatan jadi makin penting. Karena, jika tidak bekerja--otomatis saya juga tidak dapat uang seperti halnya karyawan yang tetap dapat gaji sekalipun tidak masuk kerja karena sakit.

Berbicara soal menjaga kesehatan, saya jadi teringat pada beberapa kampanye kesehatan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan makanan atau minuman, termasuk berbagai instansi pemerintah di negara ini.

CEO Mayora yang bernama Andre Atmadja misalnya, sangat getol mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang tujuan utamanya adalah untuk mengajak segenap masyarakat Indonesia supaya mau menjalani pola gaya hidup sehat dengan rajin bergerak dan berolahraga agar kualitas hidup mereka meningkat. Di samping keinginannya melihat masyarakat Indonesia bisa hidup sehat, Andre Atmadja juga menekankan betapa hidup sehat itu bisa membuat kita sebagai SDM akan memiliki daya saing yang lebih baik.

Karena di era modern ini, persaingan di dunia usaha maupun di dunia kerja sangat berat. Jadi, apabila tidak didukung kesehatan yang baik, sudah barang tentu kita akan kalah bersaing dan tersingkirkan.

Penulis artikel, seperti yang telah saya katakan di atas, juga wajib menjaga kesehatan. Kali ini, saya akan mencoba mengutip beberapa tips menjaga kesehatan CEO Mayora, yang saya rasa sangat mudah diterapkan.

Membiasakan sarapan dengan mengkonsumsi makanan sehat di pagi hari

Seperti yang kita tahu, Mayora adalah perusahaan produk konsumen yang banyak memproduksi makanan seperti sereal hingga minuman kemasan Le Minerale. Sehingga tak mengherankan apabila CEO-nya cenderung menyarankan kita untuk memperhatikan makanan yang kita konsumsi setiap hari. Saran tersebut sebenarnya sangat masuk akal. Mengingat hampir semua praktisi kesehatan juga menganjurkan kita untuk sarapan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi di pagi hari.

Mayora sendiri, melalui Mayora Nutrition berusaha untuk menghadirkan berbagai macam produk makanan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Hingga, tak mengherankan apabila berbagai produk makanan yang dibuat oleh Mayora diterima dengan baik oleh masyarakat luas.

Menurut salah seorang pemerhati kesehatan bernama Franziska Spritzler, RD, CDE, setidaknya ada 10 jenis makanan dan minuman sehat yang cocok dikonsumsi saat sarapan, mulai dari


  • Telur 
  • Yogurt 
  • Kopi 
  • Oatmeal 
  • Kacang (nuts) 
  • Green tea 
  • Protein Shake 
  • Buah-buahan yang kaya vitamin C 
  • Keju, hingga 
  • Sereal 


Jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan

Minum air putih adalah tips kedua untuk menjaga kesehatan yang sangat disarankan oleh Andre Atmadja sebagai CEO Mayora. Seperti yang kita tahu, setiap hari kita disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air atau setara dengan 2 liter.

Jumlah tersebut tentu saja adalah kebutuhan rata-rata wanita maupun pria dewasa. Akan tetapi, jika kamu bekerja di lapangan atau bekerja keras sehingga tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat, sudah jelas kamu membutuhkan lebih banyak air. Sejumlah alasan mengapa memenuhi kebutuhan cairan harian sangat penting, diantaranya adalah karena:


  • Air dapat membantu mengatur suhu tubuh 
  • Melindungi jaringan tubuh termasuk tulang belakang dan sumsum serta sendi 
  • Membantu mengeluarkan racun dan kotoran melalui keringat, melalui buang air kecil, serta buang air besar 
  • Bisa membantu memaksimalkan kinerja fisik 
  • Mencegah sembelit 
  • Memperlancar pencernaan 
  • Membantu meningkatkan penyerapan nutrisi 
  • Menurunkan berat badan 
  • Meningkatkan sirkulasi oksigen di dalam darah 
  • Membantu melawan penyakit 
  • Menambah energi 
  • Bisa juga membuat kita lebih cerdas karena air dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif 
  • Meningkatkan mood sehingga suasana hati jadi lebih baik, serta 
  • Menjaga kulit tetap sehat dan cerah 


Setelah melihat berbagai manfaat mengkonsumsi air di atas, beberapa diantaranya terasa sangat penting bagi seorang penulis konten seperti saya. Terutama untuk menjaga agar otak tetap bisa berpikir maksimal serta untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Karena pada dasarnya, pekerjaan seperti yang saya geluti ini sangat membutuhkan banyak ide dan kemampuan berpikir yang luas.

Menjaga lingkungan tetap sehat dan bersih

Siapa yang tidak suka tinggal di tempat-tempat yang bersih dan sehat?

Tidak terkecuali saya. Saat berada di tempat yang bersih dan rapi, mood saya cenderung baik dan semangat pun bertambah. Bermodalkan mood bagus dan semangat yang tinggi, saya bisa menulis artikel lebih baik dan lebih mudah dapat ide-ide yang menarik.

Untuk menjaga agar lingkungan tetap sehat, tentu kita tidak boleh hanya berpangku tangan pada petugas kebersihan saja. Kita sebagai masyarakat juga perlu turun tangan menjaga lingkungan agar tetap sehat, misalnya dengan cara:


  • Membiasakan diri sendiri maupun keluarga untuk buang sampah pada tempatnya 
  • Mengurangi penggunaan plastik karena berpotensi membuat lingkungan jadi rusak (dalam jangka panjang) 
  • Menjaga rumah tetap bersih dan rapi 
  • Meluangkan waktu untuk bergotong-royong membersihkan lingkungan di sekitar rumah termasuk selokan 
  • Menyediakan tong sampah di depan rumah 
  • Mengubur benda-benda yang berpotensi menampung air terutama menjelang musim hujan 
  • Memilah dan menempatkan secara terpisah berbagai macam sampah agar dapat diolah secara maksimal 


Rutin memeriksakan kesehatan

Tips jaga kesehatan ala CEO Mayora yang terakhir adalah memeriksakan kesehatan secara rutin. Terlebih jika kita sudah memasuki usia 30 tahun ke atas. Karena di usia 30 tahun, ini adalah puncak dari kemampuan tubuh kita. Memasuki usia 30-an, perlahan namun pasti tubuh akan mengalami penurunan kemampuan.

Contoh paling simple, betapa usia 30 merupakan usia pancaroba yang buktinya bisa kita lihat pada pemain bola profesional. Umumnya, pemain bola akan dianggap sudah cukup tua dan harus siap-siap pensiun setelah memasuki usia 30 tahun. Jarang sekali ada pemain bola yang bisa bermain di level tertinggi ketika usianya mencapai 30 tahun lebih.

Nah, memeriksakan kesehatan secara rutin sangat diperlukan untuk mengantisipasi berbagai macam penyakit yang berpotensi ada di dalam tubuh dan berkembang tanpa kita ketahui. Seperti kanker, tekanan darah tinggi, kencing manis, diabetes, penyakit jantung, hingga rabun.