Pengen Buka Jasa Penulis Artikel? 3 Point Ini Akan Membantumu

Akhirnya, setelah satu tahun lebih saya bisa update lagi blog ini. Bukaaannn.. saya gak ninggalin JBA kok, cuma yaaahh.. kadang ide buat nulis disini itu melayang gitu aja. Selain itu, laptop saya rusak, jadi tiap mau post saya nebeng di laptop suami haha, mana bisa ya penulis konten gak punya laptop! Oke.. saya mau beli bulan depan :p. Dan berhubung saya memang seorang blogger yang agak tulen, jadinya aktifitas blogging tetap berjalan dengan baik di blog pribadi saya.



Dunia blogging adalah dunia yang kadang membuat orang bingung dan juga senang. Alasannya ada banyak sekali, bagi mereka yang menyukai tulis menulis dan gemar membaca, blog adalah salah satu aktivitas yang gak bisa ditinggalkan sama sekali. Bahkan, ada beberapa blogger yang menganggap blog adalah sebagai salah satu media mengekspresikan emosi dirinya serta mencurahkan segala keluh kesahnya di dalam sebuah tulisan. Oleh karenanya banyak sekali blogger yang mampu bertahan hingga berpuluh-puluh tahun hanya dengan memiliki satu blog kesayangannya.

Namun ada juga beberapa orang yang memilih blog sebagai media untuk mempromosikan produk produk yang ingin dikenalkan kepada khalayak umum, namun ia belum atau tidak mampu mengisinya dengan tulisan-tulisan atau konten. Oleh karenanya, saya sebagai content writer menyediakan sebuah jasa untuk membantu mereka yang ingin mengisi blognya dengan konten-konten yang berkualitas. Meskipun kadang konten di blog saya sendiri agak menyebalkan sih kalau dibaca haha.

Seperti yang kita tahu, kekuatan konten didalam sebuah blog sangat berpengaruh kepada blog itu sendiri. Karena konten blog bisa berada diurutan pertama google tapi tentu saja  harus ada pendukung yang lain ya.. Dan  konten tersebut haruslah konten yang baik, tidak plagiat, memiliki unsur Seo yang baik, serta mampu mengajak pengunjung bertahan di blog atau website kita untuk menyelesaikan sebuah artikel di dalamnya saat membaca. Seperti makan keripik kentang gitulah, kriuk-kriuk sampai abis, kalau gak abis gak mau berhenti ;).

Bicara soal tulis-menulis, seorang penulis konten bukan berarti gak punya kendala dalam ngerjain artikelnya ya..  ada banyak sekali kendala yang sebenarnya dihadapi oleh beberapa penulis termasuk saya tentunya, buktinya blog ini gak update setahun lebih haha. Dan jika kamu berniat untuk menjadi seorang penulis konten, ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum memulainya.

Percaya diri

Menjadi seorang penulis artikel freelance yang menyediakan jasa penulisan artikel Seo ataupun artikel untuk sebuah blog promosi yang dibuat untuk online shop adalah percaya diri. Kepercayaan diri ini akan menular kepada pembeli yang ingin menyewa jasa penulisan artikel milikmu, bahwa ketika kamu memutuskan untuk menjadi penulis setidaknya kamu memiliki kepercayaan diri bahwa kamu bisa melakukan pekerjaanmu dengan baik. Yaitu memberi kepuasan kepada pelanggan dengan memberikan konten atau artikel yang sangat bermanfaat untuk orang lain. 

Kepercayaan diri ini juga dibutuhkan  seorang penulis artikel saat mengajukan harga yang ia tawarkan kepada pelanggannya. Jangan sampai, kamu menjual artikel-artikelmu dengan harga yang murah kalau menurutmu artikel yang kamu buat itu bagus dan user friendly. Berbeda ceritanya jika kamu percaya diri bahwa artikel yang kamu buat itu original serta tidak copy paste dari blog orang lain. Kamu akan memberikan harga yang terbilang mahal dengan percaya diri.

Kalau pembeli gak jadi pesan karena kemahalan? Ya biarkan saja, anggap aja belum rezeki hehehe.. Kan kita yang kerja, yang beli mah enak, ngeluarin uang dikit tapi dapet artikel bagus, tentu saja kamu juga perlu membaca poin selanjutnya yaaa..

Menulis dari hal yang paling dikuasai

Selain percaya diri, kamu juga harus memulai pekerjaan seorang penulis artikel bahasa Indonesia yang tentu saja menyediakan penulisan artikel dengan topik-topik yang kamu kuasai serta kamu senangi. Dengan begitu, artikel yang kamu buat akan sangat natural serta tidak akan membuatmu bosan. Jikapun ada topik di luar apa yang tidak kamu senangi, Katakanlah dengan jujur kepada pemesan artikel, jika kamu belum benar-benar menguasai topik tersebut. Tujuannya adalah agar pemesan dapat mempertimbangkan kembali apakah ia akan melanjutkan memesan artikel di jasa penulisan artikel milikmu atau menyewa penulis content dari orang lain.

Nah.., jika pemesan tetap ingin memesan  artikel di jasa penulisan artikel milikmu, berusahalah untuk mencari referensi sebanyak mungkin agar artikel yang kamu buat memiliki kriteria artikel yang baik. Dengan begitu, kamu sudah berusaha untuk tidak mengecewakan pembeli meski ini pengalaman pertamamu menulis dengan topik yang tidak biasa. Oh ya.. Jangan lupa  juga untuk mencari referensi yang berasal dari situs-situs terpercaya ya... Sudah bisa membedakan kan?

Mintalah judul kepada pemesan artikel 

Sebagai orang yang menyediakan jasa penulis artikel sejak beberapa tahun lalu, saya sarankan untuk  meminta judul kepada pemesan artikel saat ia memesan artikel di jasa penulisan artikel milikmu. Beberapa pengalaman saya, acara mencari dan memikirkan judul artikel ini menyita banyak sekali waktu bahkan mungkin lebih lama dari menulis artikel itu sendiri. Oleh karenanya, jangan sungkan untuk meminta judul-judul yang diinginkan oleh sang pembeli. Tujuannya agar waktu yang kamu miliki menjadi efisien serta artikel yang kamu buat sesuai dengan apa yang diinginkan oleh nya.

Sebagai  orang yang menyediakan jasa penulis artikel online, kamu harus selalu dekat dengan gadget yang kamu miliki. Karena  sewaktu-waktu bisa saja ada orang yang menghubungimu untuk memesan beberapa artikel di jasa penulis konten yang kamu sediakan. Jangan lupa untuk selalu mengupgrade ilmu yang kamu miliki agar kosakata yang akan kamu buat sebagai bahan menulis bertambah dan semakin bervariasi.

Jadi, Kapan kamu memulai membuka jasa penulis artikel? Jika kamu sudah siap, segeralah membuat blog jualanmu untuk mempromosikan jasa penulisan artikel. Atau kamu juga bisa berjualan melalui forum-forum internet marketing yang sudah beredar banyak kayak ads.id misalnya. Semoga membantu yaaa..



2 Komentar

  1. Salam. Ada jual artikel bekenaan kesihatan ka? Kalau ada nak beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa langsung menghubungi saya di wa.me/+6285655341141 ya..

      Hapus