Tetap Bisa Cek Kesehatan di SehatQ.com meski #DiRumahAja

 Disaat ada apa demi seperti sekarang ini, keluar rumah bisa jadi tantangan tersendiri bagi setiap setiap orang. Padahal, banyak sekali aktivitas yang perlu dan harus kita lakukan di luar rumah.

Seperti saya misalnya, sebagai seorang ibu rumah tangga, pergi ke pasar, adalah salah satu kegiatan yang sulit untuk dinihilkan dari kehidupan sehari-hari.

Di samping pergi ke pasar, kita juga kadang dituntut untuk pergi ke tempat-tempat keramaian seperti pusat pelayanan kesehatan berupa rumah sakit, klinik, atau semacamnya untuk memeriksakan kesehatan, kehamilan, ataupun hanya sekedar konsultasi dengan dokter.

Untungnya, saat ini sudah semakin banyak pelayanan publik yang menawarkan layanan online. Salah satunya adalah SehatQ.com yang memang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu tempat konsultasi online terbaik di tanah air. Serta, tempat dimana kita bisa memperoleh berbagai informasi mengenai obat, tindakan medis, rumah sakit, dokter spesialis, hingga berbagai macam penyakit. 

Saya sendiri sudah pernah mencoba layanan konsultasi online di SehatQ. Dari pengalaman tersebut, saya bisa menyimpulkan bahwa, konsultasi online ternyata jauh lebih menyenangkan dan bisa memberikan hasil yang cukup memuaskan.

Meskipun pada awalnya saya sempat ragu--apakah konsultasi online bisa menjadi solusi untuk berbagai kondisi kesehatan yang kita hadapi. Namun, keraguan saya sirna setelah mencoba sendiri bagaimana pelayanan online yang diberikan oleh SehatQ.

Kita tidak hanya bisa berkonsultasi dengan menggunakan texting atau chatting saja. Melainkan, fasilitas chatting sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan memudahkan proses konsultasi. Termasuk diantaranya, tersedia fitur berbagi foto yang akan memudahkan dokter dalam mengidentifikasi penyakit yang kita keluhkan.

Dengan bantuan gambar atau foto, dokter akan lebih mudah mengenali penyakit yang diderita oleh pasien dan lebih yakin dengan keputusan yang mereka (dokter) buat untuk menanganinya.

Selain itu, saya juga merasa bahwa, konsultasi online terkesan lebih menguntungkan bagi pasien jika dibandingkan dengan konsultasi offline di pusat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, klinik, atau rumah sakit.

Saya sendiri sudah beberapa kali pergi ke pusat pelayanan kesehatan untuk memeriksakan kesehatan sendiri maupun anak-anak dan anggota keluarga yang lain. Selain harus meluangkan waktu lebih banyak untuk menunggu antrian, pada saat bertemu dengan dokter, waktu yang kita miliki pun relatif sangat terbatas.

Praktis, tidak banyak pertanyaan yang bisa kita ajukan kepada dokter. Tak hanya itu, beberapa orang mungkin merasa tidak enak jika harus melayangkan begitu banyak pertanyaan kepada dokter di saat mereka menyadari bahwa--banyak pasien lain yang sedang antri untuk diperiksa kesehatannya.

Karena alasan tersebut, saya percaya bahwa, konsultasi online merupakan salah satu media terbaik yang seharusnya kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan ataupun untuk berkonsultasi dengan dokter meski #diRumahAja. 

Dengan mengurangi kegiatan di ruang publik maka, ancaman tertular atau menularkan virus corona pun akan semakin menurun. 

Informasi obat terlengkap

Selain bisa berkonsultasi dengan dokter secara online, web SehatQ juga menyediakan banyaknya informasi penting yang berkaitan dengan kesehatan. Seperti, informasi mengenai berbagai jenis obat-obatan misalnya.

Informasi obat menurut saya sangat penting karena, kita tidak boleh mengkonsumsi sembarang obat. Dan, tidak boleh menggunakan obat tanpa dosis yang tepat. Pasalnya, banyak sekali di luar sana obat-obatan yang sifatnya keras dan membutuhkan resep dari dokter. 

Tak hanya itu, kadang kita juga membutuhkan informasi mengenai berbagai jenis obat-obatan yang akan kita gunakan untuk mengetahui seberapa besar dosis (bahan-bahan yang terkandung didalamnya) serta untuk apa obat-obatan tersebut seharusnya digunakan. 

Hal ini menurut saya sangat penting, karena dengan mengetahui berbagai informasi, kita bisa memilih obat-obatan terbaik yang benar-benar kita butuhkan. Karena berdasarkan pengalaman, banyak sekali alternatif obat yang bisa kita gunakan untuk satu macam penyakit.

Jadi, jika suatu saat Anda mendapatkan resep obat yang berbeda-beda dari dokter yang berbeda-beda (pula) untuk satu kondisi kesehatan tertentu, anda bisa mengecek berbagai obat-obatan tersebut di website SehatQ untuk mengetahui kandungan maupun manfaatnya serta dosisnya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui obat mana yang paling cocok untuk anda. Begitu pula saat berkonsultasi kembali dengan dokter yang lain untuk penyakit yang sama, anda bisa mencoba meminta resep obat yang menurut anda manjur kepada dokter. Dengan tanpa mengurangi rasa hormat terhadap setiap keputusan dokter yang menangani penyakit Anda. Karena mereka pasti jauh lebih tahu mengenai obat-obatan dan cara mengatasi penyakit dibandingkan dengan kita--masyarakat awam.Karena pada dasarnya, penyakit bisa berkembang dan berkurang tergantung dari kondisi. Karena itulah, dokter mungkin saja meresepkan obat yang berbeda atau dosis tertentu tergantung dari kondisi kesehatan kita pada saat itu. 


0 Komentar