Mengenal Jenis-jenis Bensin Berdasarkan Kompresi Mesin Motor dan Mobil

Saat kita membeli kendaraan berupa mobil atau motor, kita pasti akan dihadapkan pada beberapa pilihan ketika akan mengisi BBM di POM bensin.

jenis-jenis bensin di POM Shell

Umumnya, kita akan memilih opsi termurah. Tapi, pertanyaannya, apakah opsi termurah tersebut adalah pilihan yang terbaik untuk kendaraan kita?

Tentu saja tidak! Sebelum memutuskan untuk membeli bensin tipe tertentu, kita harus mengetahui spesifikasi mesin kendaraan yang kita gunakan terlebih dahulu.

Soalnya, kalau kita mengisi bensin yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, hal tersebut justru bisa bikin tarikan motor atau mobil Jadi kurang maksimal.

Bahkan, dalam jangka panjang penggunaan Jenis bensin yang kurang tepat bisa mempengaruhi kondisi mesin. Misalnya,Bisa menyebabkan umur mesin lebih pendek.

Cara Memilih Jenis Bensin yang Tepat untuk Kendaraan

Berikut adalah cara mengetahui jenis-jenis bensin terbaik untuk setiap kendaraan.

1. Gunakan yang disarankan oleh pabrik

Setiap pabrik kendaraan pasti menyertakan manual perawatan untuk setiap kendaraan yang mereka jual. Dari sekian banyak poin yang dibahas, salah satunya pasti berisi saran jenis BBM yang paling tepat untuk digunakan.

2. Kenali RON (Research Octane Number) BBM

Setiap BBM memiliki Research Octane Number atau nilai kualitas bensin berdasarkan kompresi mesin kendaraan.

Dengan melihat nilai atau tingkat RON dari berbagai jenis bensin, kita bisa mengetahui kualitasnya. Pada umumnya, semakin tinggi tingkat RON sebuah jenis bensin, maka akan semakin efisien pembakarannya tinggi kompresi mesin.

Itu artinya, BBM yang baik, yaitu BBM dengan nilai RON yang tinggi akan membuat umur mesin jadi lebih panjang, bisa membuat tarikan mesin jadi lebih enteng atau lebih halus, lebih hemat, dan tidak akan menghasilkan banyak emisi atau polusi yang membahayakan lingkungan.

Berikut adalah beberapa contoh jenis-jenis bensin yang ada di distributor BBM seperti Shell. Urutannya akan saya mulai dari jenis BBM yang dianggap paling bagus.

a. Shell V-Power Nitro+

Seorang pria mengisi bensin di Shell

Jika anda memiliki kendaraan yang membutuhkan performa maksimal, Anda disarankan menggunakan bensin jenis V-Power Nitro+ jika mengisi di POM Shell.

Pasalnya, jenis bensin ini memang dirancang untuk mobil yang punya tenaga besar dan akselerasi yang cepat. Seperti mobil balap, misalnya.

Jenis mesin yang cocok menggunakan V-Power Nitro+ adalah mesin kendaraan yang memiliki rasio kompresi 11.3:1 s/d 12:1.

Walaupun lebih cocok digunakan untuk kendaraan dengan spesifikasi mesin berkompresi 11.3:1 s/d 12:1 namun jenis BBM ini juga sebenarnya bisa digunakan di kendaraan yang menggunakan teknologi fuel injection.

b. Shell V-Power

Kendaraan seperti motor atau mobil modern dengan kompresi mesin 11:1 hingga 12:1 sangat cocok menggunakan BBM jenis V-Power yang nilai RON-nya mencapai 95.

Shell V-Power adalah salah satu jenis BBM yang memiliki formula Dynaflex tinggi. Dengan formula Dynaflex, V-Power Mengandung molekul yang bisa membersihkan dan mengurangi gesekan mesin 3 kali lebih banyak.

Dengan formula ini, V-Power bisa membantu meningkatkan performa dan efisiensi mesin, serta membantu mengurangi endapan kerak di mesin hingga 80%.

c. Shell Super

Pada umumnya, tipe-tipe kendaraan di Indonesia yang cocok menggunakan jenis BBM Shell Super adalah motor dengan CC di atas 125 dan kendaraan seperti mobil low cost green car (LCGC).

Nilai oktan (RON) Shell Super adalah 92. Jenis BBM ini pada umumnya diperuntukkan bagi mesin dengan rasio kompresi 9-10:1

Ini adalah jenis BBM yang dirancang untuk penggunaan yang efisien. Selain bisa bikin tarikan mesin jadi lebih halus, Jenis BBM ini juga lebih hemat.

Tarikan mesin bisa jadi lebih halus karena Shell Super diformulasikan dengan teknologi Dynaflex yang bisa melindungi mesin mobil dari gesekan yang berlebihan.

Memilih Distributor BBM

Di Indonesia, ada beberapa distributor BBM terkenal, salah satunya adalah Shell. Apa kelebihan Shell dibandingkan dengan distributor BBM lainnya di Indonesia?

Dari sekian banyak kelebihan Shell sebagai distributor BBM, Inovasi adalah salah satunya. Shell dikenal sebagai salah satu distributor BBM yang kerap berinovasi.

Salah satu contohnya adalah teknologi baru Shell V-Power. Teknologi BBM ini dirancang agar bisa membantu membersihkan endapan hingga 100% untuk menambah kinerja mesin dan mengurangi penumpukan endapan sekaligus melindungi mesin.

Selain menawarkan BBM jenis bensin, Shell juga menjual BBM jenis solar untuk kendaraan mesin diesel.

Penutup

Mengetahui jenis jenis bensin sangat penting bagi pemilik kendaraan. Tidak hanya itu, pemilik kendaraan juga perlu kelebihan jenis-jenis bensin yang ditawarkan oleh beberapa distributor BBM seperti Shell misalnya.

Dengan begitu, setiap pemilik kendaraan bisa memilih jenis BBM yang paling tepat untuk kendaraannya. Sehingga, kinerja mesin kendaraannya bisa lebih baik, mesin bisa lebih awet,Bisa lebih bertenaga serta berakselerasi dengan maksimal.

0 Komentar