8 Part Ini Wajib Rutin Diservis agar Mesin Motor Awet

Siapa sih yang nggak pengen punya motor yang tangguh dan tidak rewel serta bandel hingga bisa digunakan selama puluhan tahun?

Saya yakin, semua kita pasti pengen punya motor dengan kriteria di atas. Tapi sayangnya, nggak semua kita bisa merawat motor agar bisa awet dan dapat digunakan selama bertahun-tahun.

Bagi kita yang awam, yang bisanya cuma pakai aja, biasanya hanya akan pergi ke bengkel kalau motor sudah terasa kurang enak. Padahal, memeriksa kondisi motor secara rutin sangat diperlukan. Sebagai langkah antisipasi agar motor tidak mengalami kerusakan yang parah hingga membutuhkan biaya perbaikan yang tinggi.

Kalau kamu merasa awam dan pengen punya motor mesinnya awet, 8 bagian motor ini wajib kamu ganti atau service secara rutin.

1. Ganti Oli Mesin Setiap 3 Bulan Sekali atau 2000 Km

Mesin motor terdiri atas berbagai macam komponen yang terbuat dari bahan metal atau besi. Di bagian dalam, komponen-komponen tersebut akan bergesekan satu sama lain.

Agar tidak mengalami keausan dan tidak mudah cepat panas, mesin motor perlu dilindungi dengan oli. Di dalam mesin, oli akan mengalami tekanan, gesekan, dan juga peningkatan suhu.

Karena itulah, seiring waktu, oli motor akan bercampur dengan partikel-partikel hasil gesekan antar komponen mesin dan sisa-sisa pembakaran. Inilah yang menyebabkan oli berwarna hitam ketika dikeluarkan dari mesin.

Karena terus mendapatkan tekanan, gesekan dan peningkatan suhu dari waktu ke waktu, lambat laun oli akan kehilangan kemampuannya untuk melumasi mesin. Pada umumnya, oli bisa digunakan selama kurang lebih 3 bulan atau setara dengan jarak tempuh 2500 km.

Tapi di era modern ini, teknologi oli terus dikembangkan sehingga ada juga oli yang bisa digunakan lebih lama. Salah satunya adalah oli dengan teknologi Ester atau yang lebih dikenal dengan sebutan oli Ester saja.

Oli ini menggunakan base oil tertinggi. Karena itulah, oli Ester ini oleh beberapa pabrikan otomotif disarankan untuk digunakan selama 5 hingga 6 bulan atau setara dengan jarak tempuh 5000 km.

Kelebihan oli Ester ini akan saya bahas lebih jauh di bagian bawah nanti. Bagi kalian yang malas sering-sering ganti oli, oli Ester ini bisa alternatif untuk melindungi mesin motor agar tidak cepat rusak.

Setahu saya, bengkel Planet Ban adalah salah satu bengkel yang selalu menyediakan oli Ester untuk motor matic atau untuk motor manual.

2. Ganti Oli Gardan Setiap 3X Ganti Oli Mesin

Tidak seperti oli mesin, oli gardan cenderung lebih jarang disebut-sebut. Sehingga, masyarakat awam jarang mengganti oli gardan motornya.

Padahal, mengganti oli gardan secara rutin perlu dilakukan untuk memberikan pelumasan yang optimal agar gigi-gigi atau bearing pada sistem transmisi (gardan) dapat bekerja dengan optimal. Di samping itu, pelumas atau oli gardan juga berfungsi untuk mengurangi keausan saat komponen gardan bergesekan satu sama lain, bisa membuat transmisi lebih efisien, mencegah panas berlebihan atau overheating, mencegah korosi atau oksidasi, dan juga bisa memperpanjang umur pakai motor.

Oli gardan sebaiknya diganti setiap 8.000 km atau bisa juga setiap 3 kali ganti oli mesin Jika oli mesin diganti setiap 3 bulan sekali atau setiap 2500 - 3000 km.

3. Ganti Busi Setiap 6.000 - 8.000 Km

Bagian motor yang juga jarang mendapatkan perhatian dan jarang diganti adalah busi. Padahal, busi memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga mesin motor agar awet dan hemat BBM apa menjaga agar emisi buang tetap rendah.

Busi motor sebaiknya diganti jika motor sudah mencapai jarak tempuh antara 6000 sampai 8000 km.

4. Ganti Filter Udara Setiap 15.000 Km

Setiap motor matic pasti menggunakan filter udara melindungi partikel-partikel atau kotoran agar tidak masuk ke dalam mesin saat mesin didinginkan dengan menggunakan aliran udara.

Pada umumnya, pabrikan otomotif merekomendasikan kita untuk mengganti filter udara setiap 15.000 km. Tujuannya adalah untuk menjaga agar mesin motor tidak mengalami penurunan kinerja, tidak boros BBM, tidak membuat emisi gas buang tinggi, dan agar mesin motor tidak cepat rusak.

5. Ganti Kampas Rem Setiap 32.000 Km

Rem memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga keamanan selama kita berkendara. Rem yang baik harus bisa menghentikan motor dalam jarak tertentu.

Namun apabila sudah mulai aus, rem tidak akan berfungsi maksimal. Sehingga jarak pengereman jadi lebih jauh dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri kampas rem motor yang sudah mulai habis dan perlu diganti.

  • Jarak pengereman yang semakin jauh
  • Rem kurang pakem
  • Tuas rem perlu ditarik atau diinjak lebih kuat
  • Berbunyi atau berdecit pada saat mengerem

6. Aki Harus Rutin Diperiksa oleh Ahlinya

Motor modern seperti motor matic atau motor yang menggunakan teknologi injeksi sangat bergantung pada aki (baterai).

Jika aki tekor, maka motor tidak akan bisa dihidupkan meski menggunakan starter samping.

Untuk merawat aki motor, kita perlu melakukan pemeriksaan level elektronik secara rutin jika aki yang kita gunakan adalah aki basah. Konektor dan Terminal harus dibersihkan secara rutin. Kemudian, kondisi kelistrikan motor perlu dijaga agar selalu dalam kondisi yang baik. Dan yang terakhir, aki motor harus rutin dicek oleh ahlinya.

Untuk memeriksa aki motor, sebaiknya periksalah pada saat melakukan service tune up. Manfaat service tune up ini akan saya bahas di bagian bawah nanti.

7. Ganti Ban Motor Apabila Sudah Gundul Atau Menunjukkan Ciri-ciri Rusak

Pada umumnya, masa pakai ban motor berkisar antara 2 sampai 3 tahun. Akan tetapi, ban motor tetap harus segera diganti apabila sudah menunjukkan tanda-tanda berikut ini.

  • Ban terlihat retak-retak
  • Sudah mulai gundul
  • Terdapat benjolan atau permukaannya tidak rata

8. Tune up Motor Secara Rutin

Tujuan tune up motor secara rutin adalah untuk memeriksa semua komponen motor. Tujuannya adalah untuk menjaga performa motor agar tetap nyaman dan awet digunakan selama bertahun-tahun.

Ketika kita servis motor tune up, semua bagian luar dan dalam mesin motor akan diperiksa oleh mekanik. Mulai dari kondisi ban, rem, aki, CVT, lampu, filter udara, hingga kondisi di bagian dalam mesin.

Saat melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, tidak jarang teknisi menemukan bagian-bagian tertentu yang perlu diganti atau diservis. Seperti oli mesin atau oli gardan hingga berbagai macam sparepart yang mungkin dibutuhkan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah di kemudian hari.

Tapi sebelum teknisi melakukan penggantian oli maupun berbagai macam sparepart. Teknisi terlebih dahulu akan menginformasikan dan menunjukkan bukti-buktinya kepada kita sebagai pemilik motor.

Jika kita setuju untuk melakukan penggantian atau perbaikan, barulah teknisi akan mengganti atau memperbaiki bagian-bagian motor yang Perlu diperbaiki atau perlu diganti tersebut.

Jadi, kita nggak perlu khawatir ketika ingin mengecek kondisi semua bagian motor melalui servis motor tune up atau service terpadu tersebut.

Kalau mau tune up motor, saran saya, pilihlah bengkel yang terpercaya seperti bengkel Planet Ban.

Pilihan Bengkel Servis Motor Terbaik

Di atas saya sudah menyebut beberapa kali tentang bengkel Planet Ban. Bengkel ini merupakan salah satu bengkel yang saya rekomendasikan kalau kalian pengen servis motor, ganti oli, ganti ban, atau melakukan pemeriksaan pada motor secara menyeluruh.

Sejak lama, bengkel Planet Ban ini dikenal sebagai salah satu bengkel dengan hasil service yang memuaskan. Karena servis yang mereka tawarkan adalah “servis motor rasa baru.” 

Maksudnya, kalau kita servis di Planet Ban, mesin motor Akan dibersihkan secara menyeluruh hingga ke bagian-bagian dalam yang jarang disentuh oleh teknisi di bengkel lain. Karena itu, tidak mengherankan apabila motor yang diservis di Planet Ban rata-rata tarikannya jadi lebih enteng, emisi gas buangnya jadi lebih rendah, lebih hemat BBM, mesinnya jadi lebih bersih, dan bikin motor jadi lebih awet.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dan Tempat lain

Setiap bengkel motor tentunya memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Jika dibandingkan dengan bengkel lain, menurut saya berikut adalah keuntungannya kalau kita servis motor di Planet Ban.

Mesin motor lebih bersih dari debu maupun kotoran serta sisa pembakaran karena servisnya dilakukan secara menyeluruh hingga ke blok CVT, piston, kepala silinder, klep mesin, hingga throttle body.

Keunggulan lainnya adalah, Mereka menyediakan oli motor matic yang lengkap. Termasuk oli Ester seperti yang sudah saya sebutkan tadi.

Oli Ester sendiri memiliki banyak keunggulan. Selain bisa digunakan dengan jarak tempuh yang lebih jauh. Oli motor ini juga terkenal bisa membuat mesin lebih dingin dan bisa membersihkan perlindungan yang lebih baik.

Harga servis motor di Planet Ban juga lumayan hemat. Bayangkan saja, kalau kita mau service Throttle body atau service injeksi, biayanya cuma Rp20.000 saja. Terus kalau kita mau servis CVT termasuk rantai, biayanya nggak lebih dari Rp 19.500.

Gimana? Lumayan murah kan? Selain murah, menurut saya service di Planet Ban lebih lengkap karena mereka juga menyediakan pilihan ban motor yang lengkap,Menyediakan pilihan oli yang lengkap, dan menyediakan jasa service motor tune up.



5 Komentar

  1. Waahh bermanfaat bgt artikelnya, apalagi buat saya yg cuma bisa pake doang. Kadang servis suka kelewat smpe berbulan2 hihi

    BalasHapus
  2. anyak juga ya ternyata rentetan service motor sih. Jujur, sebagai cewe terkadang masih awam banget sama apa aja yang harus diservice kalau pake motor tuh. Maklum ya mba, cewe tuh kebanyakannya taunya cuma bisa jalan aja motornya udah syukur. Padahal kalau rutin di service motornya jadi lebih awet.

    BalasHapus
  3. Ternyata motor kalo ganti oli ada batas kilometer tertentu juga yah? Aku baru tau wkwk
    Btw detail banget informasinya kak, makaci loh..

    BalasHapus
  4. Hehe reminder banget ini kak terutama buat para wanita yang suka lupa service motor. Oli ada ketentuan jaraknya kapan harus diganti, begitu juga busi ya. Aku baru tahu kalau busi juga sebaiknya diganti setelah mencapai jarak tempuh 6000-8000 km ya

    BalasHapus
  5. Sebagai perempuan yang tidak ngerti motor keknya wajib bange tservice di planet ban, soalnya dijelaskan secara detail begituu

    BalasHapus