Menulis Adalah Sebuah Tanggung Jawab

Menjadi penulis itu gak mudah, sangat tidak mudah. Orang berharap banyak tentang apa yang mereka inginkan dari tulisan yang kita buat. Mereka ingin mencari sesuatu yang bisa membantu mereka mengembangkan website dengan baik. Bukan hanya tentang seberapa cepat kita bisa setor tulisan kepada klien. Tapi klien lebih kepada seberapa bagus artikel yang sudah kita buat untuk mereka. Harapan-harapan inilah yang sebenarnya membebani seorang penulis yang gak cuma penulis ngerjain artikel selesai lalu ditinggal nyari pelanggan baru. Bukan seperti itu. Ini tentang saling membantu dan mendapatkan keuntungan darinya.



Saya sendiri sudah sering mencoba mencari penulis artikel yang benar-benar bisa diandalkan dan pas sesuai yang saya mau. Artikel yang baik, informatif, bukan artikel sampah dan harapan-harapan lainnya. Namun ternyata, tidak semua penulis konten memiliki pemikiran yang sama dengan saya. Kebanyakan dari mereka, hanya bekerja mencari uang dan penghasilan dari artikel yang sudah mereka buat. Dan jujur sih.. saya juga begitu, menulis untuk mencari uang, tapi karena basic saya seorang blogger, maka saya menganggap menulis adalah sebuah tanggung jawab.

Setelah sekian lama saya tidak update di blog ini, akhirnya saya bisa juga memulai dan menemukan topik yang relevan hehe. Begitulah, jika saya menerima pekerjaan menulis artikel, saya ikut menjadi penanggung jawab artikel tersebut. Ditambah lagi mungkin saat ini saya masih dalam masa dimana tidak bisa menomor duakan keluarga dan anak-anak dibandingkan dengan menulis artikel untuk blog ataupun untuk orang lain.

Penulis konten juga manusia


Ya.. jangan lupakan itu, penulis konten juga memiliki kehidupan pribadi mereka. Di luar keprofesionalan atau apalah namanya, tetap saja kadang ada saja keadaan yang menyita banyak waktu mereka. Menulis artikel untuk web atau blog itu membutuhkan kosentrasi yang luar biasa banyaknya. Kalau sudah terpecah, untuk memulai kembali menulis itu bukan hal yang mudah lho... Jadi, jangan galak-galak sama content writer ya.. selagi dia masih amanah, tentu saja itu harus dihargai karena kamu sudah memilih dia kan :D.

Jangan cuma asal nulis


Bagi penulis-penulis yang masih akan memulai bisnis content writer ini, sebaiknya niat yang harus ada didalam hati itu benar-benar diteguhkan. Jika keinginan menulis hanya untuk mencari keuntungan tanpa ada rasa suka akan pena dan kata, sebaiknya kita mencari potensi diri yang lain saja untuk dijadikan pekerjaan. Menulis asal-asalan hanya akan menghasilkan artikel sampah yang cuma menuhin  pencarian google dengan artikel yang gak bermutu. Jujus sih, saya sendiri juga bakalan males baca artikel gak mutu hehe.

Jadiii... sebenarnya artikel ini juga saya tujukan untuk mengingatkan diri sendiri akan tanggung jawab yang harus dibawa ketika kita menulis. Yang jelas... mulai saja dari apa yang kamu sukai dan cintai, seperti saya menyukai tulisan :).

0 Komentar