Tempat Belajar Desain Grafis Online yang Bagus

Pandemi covid-19 memaksa kita untuk beradaptasi dengan sistem berbasis digital. Tidak terkecuali untuk belajar skill grafis. Sehingga, tidak mengherankan apabila saat ini semakin banyak tempat belajar desain grafis online yang bagus dan murah.

Belajar Desain Grafis Otodidak Vs Kursus

Tempat Belajar Desain Grafis

Bagi sebagian orang, belajar desain grafis secara otodidak itu bukan perkara sulit. Tapi bagi saya pribadi yang tidak punya bakat dibidang seni rupa dan hanya mengandalkan basic komputer yang pas-pasan. Belajar desain grafis secara otodidak terasa sangat sulit.

Untungnya, suami saya adalah seorang sarjana informatika yang pada saat masih kuliah dulu banyak mendalami desain grafis dan pernah juga bekerja secara khusus di bagian desain sebelum kami menikah.

Dengan bantuannya, sedikit banyak saya bisa membuat berbagai desain yang saya butuhkan menggunakan software gratis yang ada di Linux seperti Inkscape dan beberapa software lainnya.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, belajar desain grafis itu ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Apalagi jika kita ingin menghasilkan karya yang bagus.

Pasalnya, untuk menghasilkan karya desain yang bagus, kita tidak hanya dituntut untuk menguasai tools pada software yang akan kita gunakan. Melainkan, kita juga dituntut untuk belajar tipografi, prinsip warna, membuat komposisi, layout, dan lain sebagainya.

Untuk menguasai itu semua. Tentu dibutuhkan waktu yang tidak sedikit jika kita belajar secara otodidak. Karena itulah, saya pribadi cenderung untuk belajar kepada yang sudah ahli daripada belajar secara otodidak.

Akan tetapi, belajar kepada ahlinya juga belum tentu akan membuat kita cepat dan mudah menguasai skill desain grafis. Karena, ada juga orang-orang yang berbakat di bidang desain grafis tapi tidak pandai mengajar.

Oleh sebab itu, jika kita ingin belajar desain grafis dan cepat bisa, kita perlu mencari guru yang tidak hanya ahli di bidang ini tapi juga bisa memberikan penjelasan yang mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.

Tempat Belajar Desain Grafis Online yang Bagus

Alih-alih mencari guru secara random, akan lebih baik jika kita belajar ke tempat-tempat yang secara khusus menyediakan kelas desain grafis.

Karena pada umumnya, tutor atau guru yang mengajar di kelas desain grafis sudah menguasai metode mengajar yang sistematis dan didukung modul yang akan memudahkan kita memahami dan menguasai materi.

Dari sekian banyak tempat belajar desain grafis online yang bagus, pijarmahir.id by Skill Academy adalah salah satu contohnya.

Website PijarMahir.id by Skill Academy
Website PijarMahir.id by Skill Academy

Di sana, kita bisa membeli kelas desain grafis dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak hanya belajar menjadi seorang grafis desainer hingga menjadi ahli, tapi kita juga akan diajarkan bagaimana caranya menghasilkan pundi-pundi uang dari skill desain grafis yang kita kuasai.

Itulah salah satu keuntungannya jika kita belajar di tempat-tempat yang secara khusus menyediakan kelas desain grafis.

Meski demikian, untuk menjadi desainer grafis yang benar-benar mumpuni, kita juga tetap harus berusaha mengasah keterampilan dengan semua cara yang memungkinkan. Seperti misalnya,

  • Mempelajari desain-desain yang bagus dan menginspirasi
  • Membeli buku desain grafis, baik itu ebook maupun buku konvensional
  • Bergabung dengan komunitas desain grafis. Dan, jangan lupa…
  • Bersikaplah terbuka terhadap kritik dan saran yang membangun

Kesimpulan

Belajar desain grafis paling mudah saat ini adalah dengan mengikuti kelas desain grafis online seperti yang disediakan oleh website e-learning Pijar Mahir.

Karena menurut saya, belajar secara online itu jauh lebih menyenangkan dan lebih mudah. Karena, kita bisa belajar langsung dari rumah atau dari mana saja, selama ada smartphone yang terkoneksi ke internet.

Kemudian, mengikuti kelas online memungkinkan kita bebas menentukan waktu–kapan akan belajar, lebih mudah mengulang-ulang pelajaran karena materi tersedia dalam bentuk digital, serta lebih mudah memilih kelas yang sesuai dengan kebutuhan kita.

0 Komentar