Belajar Membuat Artikel Blog Yang Baik, Seo Friendly Dan Menarik

17 comments
Semua orang bisa membuat sebuah tulisan untuk blognya atau untuk dirinya sendiri. Tapi tidak semua orang bisa membuat tulisan yang baik dan menarik apalagi seo Friendly. Tulisan atau artikel yang baik dan menarik menurut saya adalah tulisan yang gak membuat bingung pembacanya. Tulisan atau artikel yang mengalir dan tidak rancu juga menjadi faktor penyangga lain untuk memenuhi kriteria baik. Selain itu, tata bahasa dan pengejaan kata juga menjadi hal yang wajib diperhatikan.

Dan jika anda adalah orang yang kesulitan mencari bahan tulisan atau ketika sudah menemukan bahan tulisan tapi tidak mampu dan bingung bagaimana cara menulis artikel yang baik dan menarik, sudah saatnya kita belajar bareng disini :D

Kriteria tulisan yang baik dan menarik menurut saya harus memiliki beberapa hal di bawah ini :

  • Bahasa artikel yang baik dan menarik

Penulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami serta tidak membingungkan. Sebagai contoh, jika sebuah web mencari visitor dari seluruh Indonesia, maka sudah selayaknya web tersebut menggunakan bahasa nasional yang semua orang tahu dan mengerti. Kalau web tersebut menggunakan bahasa Jawa, ya nggak  lucu donk ya.. Meskipun banyak yang nyasar ke webnya, pasti pengunjung pergi :D. Satu lagi, kebanyakan para penggiat internet marketing sering menterjemahkan artikel dari bahasa negara lain, hal ini bisa menjadi salah satu pilihan yang baik, tapi kalau dimasukin situs bahasa Indonesia mentah-mentah dan gak ditulis ulang pakai bahasa sendiri, berasa nyasar ditengah hutan yang gelap pengunjungnya :D.


  • Gaya Penulisan

Ada orang yang memiliki gaya penulisan yang sangat membosankan ada juga yang sangat melebih-lebihkan alias lebay. Gaya penulisan seorang penulis memang berbeda-beda. Yang saya tahu, gaya tulisan yang sederhana dan apa adanya penulis, adalah gaya tulisan yang sangat digemari banyak orang. Ingin tahu kenapa? Karena jadi diri sendiri itu hal yang menyenangkan sekaligus tidak akan ada bosannya. Gaya penulisan asli seorang penulis merupakan modal yang gak bisa ditiru oleh orang lain, jadi... jangan ikuti gaya tulisan orang lain, tapi perbaiki gaya tulisan sendiri :).


  • 5W + 1H

Tidak banyak orang yang memperhatikan tentang rumus ini 5W +1H [ What (Apa), Where (Di Mana), When (Kapan), Who (Siapa), Why (Mengapa) + How (Bagaimana) ]. Konsep ini memang tidak bisa diterapkan pada topik-topik tertentu seperti ulasan artikel techno yang membahas tentang spesifikasi sebuah gadget. Tapi Konsep ini juga mampu membawa pembaca terlarut dalam tulisan yang mengalir. Biasanya tulisan dengan konsep 5W+1H ini digunakan dalam penulisan sebuah berita. Contohnya What (Idul Fitri), Where (Masjid Agung Nurur Fallah), When (Senin, 5 januari 2016), Who (Pengurus masjid), Why (Untuk melaksanakan Sholat idul fitri) + How (jalannya acara). Konsep ini bisa dirubah tanpa harus saklek dan terkesan baku yang membuat pembaca bosan.


  • SEO Friendly Boleh, Tapi..

Ya.. Kebanyakan para publisher suka sekali dengan artikel yang SEO friendly. Pasalnya, hal tersebut akan menunjang bertambahnya pengunjung ke blog mereka. Dan acara SEO friendly ini terkadang membuat saya -sebagai pembaca- males meneruskan membaca karena artikelnya yang ditulis dengan kata yang minim dan terkesan memaksa, ditambah kata-katanya itu keyword semua -_-". SEO Friendly itu relatif menurut saya, artikel yang saya buat akhir-akhir ini sangat tidak seo friendly. Ya.. katakanlah, saya asal coret saja, tapi nyatanya artikel saya nangkring di page 1 pencarian google [ lihat disini ] facewall adalah blog saya. Seo Friendly boleh, tapi.. usahakan untuk tetap membuat sebuah tulisan yang relevan.

 Lihatlah contohnya, website-website besar yang selalu menyediakan informasi yang akurat, apa artikel mereka juga menerapkan ilmu seo dalam menulis artikel yang keyword haruslah di bold, keyword dikasih underline dan italic? Website besar memberi italic pada bahasa asing dan bold pada poin-poin yang ada didalam artikel, bukan pada kata yang menjadi keywordnya bukan? CMIIW

  • Komunikatif

Tulisan yang komunikatif adalah tulisan yang mengikut sertakan pembaca untuk ikut terlibat dalam artikel yang kita buat. Dan cara untuk membuat sebuah hubungan dalam menulis artikel kepada pembacanya adalah, sesekali kita buat mereka berpikir tentang apa yang sedang kita tulis dengan memberinya pertanyaan. Misalkan membuat artikel tentang travel, menyertakan pertanyaan simple seperti "Tertarik ingin kesana? " atau "berminat mengunjungi tempat ini?" bisa membuat pembaca berpikir. Jika itu sudah terjadi, maka selamat.. kita sudah menjadi penulis yang komunikatif.

Emm... Apa lagi ya.. Kok sepertinya tulisan saya sudah panjang lebar ini, Ada tambahan bagaimana cara menulis atau membuat artikel blog yang baik dan menarik plus bonus seo friendly? Share disini ya kawan, mari kita saling belajar.

17 comments:

  1. Mangstabb,,sayang ga ada name/url bwt masukin url blog dikolom komentar :D #oot

    ReplyDelete
    Replies
    1. blom di setting oms kemaren, Omplong hahhaa

      Delete
  2. Wah saya mampir ke page yang tepat ni :D Thank you mbask buat sharingnya

    ReplyDelete
  3. kok blognya gak di monetize mas? sayang bangets...

    ReplyDelete
  4. Saya setuju, kita jangan terlalu fokus pada mesin pencari, tapi pengunjung blog kita adalah manusia yang sedang mencari informasi selengkap mungkin, jadi fokuslah pada pembaca dan bukan pada robot, thanks infonya.

    ReplyDelete
  5. Mantap sekali infonya. Klo gini jadi ga bingung lagi kalau mau tulis artikel :D

    ReplyDelete
  6. Materi yang anda posting merupakan salah satu tips membuat blog yang SEO friendly, tentunya masih banyak cara yang dapat ditempuh untuk membuat blog SEO salah satunya yang saya tulis berikut
    http://gratisko.blogspot.com/2015/08/cara-membuat-blog-yang-seo-frienldy.html

    ReplyDelete
  7. Mantab. Menambah wawasan untuk menulis

    ReplyDelete
  8. terimakasih tips nya....karena saya masih newbi sudi kiraya juragan mereview kualitas tulisan saya, apakah bagus atau buruk.. http://anekariawisata.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  9. Membuat tulisan yg panjang tapi tidak membosan itu yg susah, bahkan lebih susah daripada optimasi artikelnya.

    ReplyDelete
  10. wah mantap nih,,,, mo nyabain dulu 10 artikel boleh ga ya

    ReplyDelete
  11. Membuat Article memang gampang-gampang susah ehmm.....

    ReplyDelete
  12. Mungkin perlu juga di tambahkan, menulis artikel yang berkualitas harus juga memperhatikan pemilihan diksi kata yang digunakan, harus tepat sesuai kondisi yang mau di gambarkan. Paling sederhana yang bisa di lakukan dapat di lihat dari judul artikel yang kita buat. Kalau mengikuti standar kompas, sebaiknya judul yang baik paling maksimal 3 - 4 kata saja

    ReplyDelete
  13. Article menarik gan, ... tapi apakah perlu di pasang h1 , h2 , dst nya tersebut ?

    thanks

    ReplyDelete
  14. Numpang tanya gan, kalau mau jual artikel untuk nyambung hidup pada siapa n dinilai (dihargai) berapa ya ?
    Tolong dong informasinya dan thank you banget h e e h e e . .

    ReplyDelete