Begini Cara saya Mencari LSI dan Trik Agar Jadi Artikel SEO Friendly

3 comments
Ya.. Beberapa waktu lalu, saya sempat menyalurkan salah satu cara saya dalam mencari LSI kepada teman-teman penulis di JBA. Tapi sebelumnya, apa sih LSI itu, sejauh yang saya tahu yang mungkin hanya bagian kecil dari pengertian orang-orang besar yang udah jago nulis di internet dengan artikel-artikel berkalitasnya, LSI akan membuat keyword lebih merata dan gak membosankan. Selain itu, keyword utama juga bisa menjadi tersebar tanpa harus mengulang kata-kata yang sama.

Saya sendiri di blog pribadi jombloku, tidak menggunakan artikel dengan seo dan LSI, entahlah.. saya ngerasa kurang sreg saja. Padahal, blog saya itu juga membutuhkan sesuatu layalnya blog yang harus meroket :D. Nah.. berhubung kita belum sama-sama tahu dengan baik dan benar, hari ini saya sempatkan untuk belajar mengetahui, apa sih LSI itu? bagaimana cara mencari LSI dan apa gunanya. Semoga ulasan saya ini benar dan berasal dari sumber yang bisa dipercaya untuk kita praktekan bersama.


Apa itu LSI?

LSI atau kependekan dari Latent Semantic Indexing, dan kesimpulan yang saya dapat dari merangkum di wikipedia adalah, penjabaran kata-kata dari sebuah kata kunci untuk memperluas makna yang sama dengan menggunakan kata yang berbeda. Atau untuk lebih detailnya bisa dilihat disini penjelasan tentang LSI. Simplenya sih, LSI adalah kata yang relevan dengan artikel yang akan dibuat.

Misalnya kita membuat artikel tentang penulis konten, kita bisa menambahkan beberapa kata lain diluar penulis konten misalnya, artikel, blogging, beli artikel, jual artikel, artikel untuk web, google, SEO dan lain sebagainya.

Apa gunanya LSI?

Menurut artikel yang saya baca dari panduanim.com, manfaat menggunakan LSI adalah meningkatkan ranking dan relevansi dari keyword utama serta dalam beberapa long tail keyword seperti jasa penulisan artikel ini, akan endapatkan peringkat di search engine. Dan hubungan LSI dengan artikel seo friendly adalah, blog kita akan dengan mudah memberitahukan kepada user melalui search engine, kalau topik itu juga ada disini. Nah,.. dari pada mengulang keyword-keyword yang gak perlu malah akan membuat pembaca bosan dan kita dianggap spammer yang cuma mau nembak keyword dengan artikel yang sok bagus aja hehe..

Bagaimana Cara saya mendapatkan LSI?

Saya sendiri sering mencari LSI dengan cara menggunakan tools gratis di internet. Tools yang sering saya gunakan adalah onkeywords.com. Tools ini sangat mudah selain free hehe. Caranya pun gampang banget, kita tinggal masukin keywordnya kemudian kita pilih dengan pencarian medium area Indonesia tentunya ya.. Nah kita bisa dapatkan beberapa keyword turunan banyak banget disana.


Cara menempatkan Keyword LSI dalam Artikel

Saya punya cara yang gampang banget buat naruk keyword LSI ini dalam artikel agar tidak rancu dan melulu keyword saja. Jika kita sudah mendapatkan keyword tersebut, copy keyword yang diinginkan kemudian letakkan di word. Setelah itu, mulai merangkum satu persatu, disanalah ide tulisan akan muncul. Tapi ingat ya.. Jangan sampai melebar kemana-mana artikelnya, tetap fokus pada satu topik saja. Saya punya contoh artikel dengan LSI ini, ya.. mungkin bagi sebagian master ini bukan artikel ber LSI hehe..

Ini nih contoh yang pernah saya bikin di postingan Kriteria artikel seo Friendly itu kayak gimana:










3 comments:

  1. menarik sekali, semakin menambah pemahaman. terimakasih sudah berbagi, smeoha menjadi amalan ya mbak.
    jangan lelah berbagi. terutama tips-tips untuk mencari keyword yang seo friendly. namun yang menajdi kebingungan saja, bagarmana cara menyebar kayword turunanya ya...
    terimakasih

    ReplyDelete
  2. Tipsx sangat bermanfaat terutama bagi pemula seperti saya. Tq

    ReplyDelete