Tips Menulis Artikel yang Bermanfaat

Leave a Comment
Menulis artikel tidak melulu soal ide atau daya tarik tema-tema yang dibahas. Memang benar, artikel yang menarik biasanya adalah yang menyentuh kehidupan atau bersumber dari kisah nyata, ditulis dengan hati, dan original. Disamping itu, sebenarnya ada banyak hal yang dapat mempengaruhi tulisan yang kita hasilkan, hingga menjadi sebuah karya yang bermanfaat atau sebaliknya.

Saya pribadi merasakan dan menyadari bahwa, ada banyak faktor yang akan mempengaruhi hasil tulisan kita. Mulai dari, kondisi lingkungan atau tempat yang kita pilih untuk menulis, mood (suasana hati), kesehatan, tingkat percaya diri.



Kesehatan

Saya merasa, kesehatan jiwa atau mental serta kesehatan fisik memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap hasil tulisan. Betapa tidak, dalam kondisi sakit tentu saja kita akan kesulitan untuk berpikir dan mengeluarkan kemampuan terbaik yang kita miliki. Disamping itu, kondisi mental yang sehat juga akan berpengaruh positif terhadap tulisan. Mental yang sehat akan membuat kita akan cenderung menulis hal-hal yang bermanfaat atau berguna bagi orang lain, atau setidaknya buat diri sendiri.

Faktor yang dapat memperburuk kesehatan

Jarang bergerak adalah salah satu pemicu berbagai macam penyakit. Pasalnya, semakin sedikit kita bergerak maka, darah akan semakin sulit mengalir ke otak karena tidak lancar. Jika darah tidak lancar mengalir ke otak maka semakin sedikit oksigen yang akan sampai ke otak. Otak yang kekurangan oksigen akan mengurangi kemampuan berpikir. Atau pikiran jadi tidak setajam yang kita inginkan.

Jarang bergerak juga akan membuat berat badan terus naik karena energi yang tidak terpakai akan disimpan dalam bentuk lemak. Yang lambat laun, dapat menimbulkan berbagai macam penyakit kronis, termasuk penyakit kardiovaskular atau jantung.



Tips menjaga kesehatan bagi penulis

Saya yakin, di luar sana ada banyak diantara Anda yang bekerja di rumah atau di kantor sebagai penulis. Sebagai seorang penulis, sudah pasti sebagian besar waktu hanya dihabiskan dengan duduk saja. Dan ini sangat merugikan kesehatan. Alangkah baiknya jika mulai saat ini Anda membiasakan diri untuk mulai banyak bergerak dan berolahraga.

Olahraga di kantor  bisa dilakukan dengan berbagai cara:


  • Berdiri setiap 1 jam sekali selama beberapa menit
  • Melakukan senam sambil duduk dengan meregangkan otot-otot tubuh
  • Bisa juga dengan berjalan mengambil air minum atau membuat kopi. Atau,
  • Anda bisa memilih naik turun tangga daripada naik lift saat harus naik ke lantai atas atau turun ke lantai bawah


Tidak hanya harus aktif bergerak, kesehatan juga perlu dijaga dengan membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat. Yang dimaksud dengan mengkonsumsi makanan sehat bukan hanya sekedar makan sayur, buah-buahan, kacang-kacangan, daging dan ikan, serta produk susu. Melainkan, di saat yang sama kita juga perlu menghindari makanan-makanan yang dianggap tidak sehat dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Walaupun banyak di antara kita yang menyadari bahwa makanan yang kita konsumsi sehari-hari banyak yang tidak sehat, namun tetap saja kita kesulitan untuk menghindarinya. Kesulitan menghindari makanan tidak sehat tersebut bisa dikarenakan berbagai hal. Tapi yang pasti, rasanya yang enak adalah alasan utama mengapa kita kesulitan menghindarinya. Apalagi jika makanan tersebut sudah menjadi makanan favorit sehari-hari.

Di samping karena rasanya yang enak, makanan tidak sehat lainnya kerap kali sulit dihindari karena, kita terpaksa memakannya. Entah itu karena istri di rumah sering menyajikan masakan tersebut, karena kita kesulitan bangun pagi sehingga terpaksa masak mie instan untuk sarapan, atau bisa juga disebabkan karena kita lebih sering jajan di luar dibandingkan dengan makan di rumah.

Selain memilih makanan sehat, kita juga perlu mengkonsumsi air minum yang sehat. Terutama yang kaya mineral, mengandung oksigen yang bersih, bebas kontaminan berbahaya, serta mengandung ultraviolet. Memperoleh minuman yang sehat di era modern ini sebenarnya sangat mudah. Salah satu caranya adalah dengan membeli minuman kemasan yang diambil dari mata air pegunungan.

Le Minerale Mayora adalah contoh minuman kemasan kemasan yang banyak mengandung oksigen, kaya mineral, dan mengandung ultraviolet. Sejauh yang saya tahu, sumber air minuman kemasan seperti ini biasanya berasal dari pegunungan.

Dan, air pegunungan rata-rata kaya akan mineral, sering terkena sinar matahari langsung yang akan membuat air mengandung ultraviolet, dan biasanya dikemas langsung di sumbernya sehingga oksigen yang terkandung di dalamnya lebih sehat karena bebas polutan dan kontaminan berbahaya.

Oh ya, kesehatan mental kita juga kerap kali dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan tuntutan pekerjaan. Jika ingin memiliki jiwa atau mental yang lebih sehat, saya pribadi menyarankan teman-teman untuk lebih sering menenangkan diri. Bisa dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan sesuai agama masing-masing. Sering-sering pergi berwisata ke tempat-tempat yang tenang (gunung atau hutan). Pasalnya, wisata alam dapat membantu merilis stres dan bisa meningkatkan kesehatan fisik atau mental.

Memilih tempat menulis yang menyenangkan

Saat kita berada di tempat yang menyenangkan atau lingkungan yang mendukung, kita akan merasakan sesuatu yang berbeda. Selain otak terasa lebih fresh sehingga idea bisa mengalir lebih lancar, memilih tempat yang menyenangkan juga akan membuat kita jadi lebih kreatif.

Tempat yang menyenangkan tidak selalu merupakan tempat yang sepi, karena kadang ada juga orang-orang yang lebih kreatif saat berada di tempat-tempat bising atau ramai (orang).

Tapi bagi saya, menulis di tempat-tempat yang sepi dengan pemandangan alam yang indah adalah pilihan terbaik. Tempat-tempat seperti ini, terutama yang berada di area terbuka selalu bisa membuat saya berpikir lebih luas dan lebih terbuka.

Ciptakan suasana hati yang baik

Untuk menciptakan mood yang bagus, saya sebenarnya tidak punya trik khusus. Akan tetapi, jika menginginkan mood yang baik, saya akan mencoba beberapa hal berikut ini:


  • Mandi sebelum menulis untuk menyegarkan badan dan pikiran
  • Mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna
  • Minum minuman berenergi seperti jus buah yang manis dan segar
  • Menghirup aroma yang menenangkan
  • Menghindari konflik


Penulis yang penuh percaya diri biasanya dapat menghasilkan sebuah karya yang menakjubkan
Rendahnya kepercayaan diri pada seorang penulis tidak hanya membuat mereka ragu-ragu setiap kali akan menuangkan ide, tapi juga akan membuat mereka kesulitan menjadi diri sendiri dan kesulitan untuk berfikir terbuka. Sebaliknya, dengan rasa percaya diri yang tinggi, seorang penulis akan lebih leluasa menuangkan ide, lebih soulful, dan tidak ragu-ragu, sehingga dapat menghasilkan tulisan yang enak dibaca, jujur, lebih menyentuh, dan terasa lebih mengalir.

Itulah sedikit tips menulis artikel yang bermanfaat, yang semoga bisa berguna buat teman-teman, terutama yang masih pemula. Karena bagi saya, berbagi dan menulis artikel-artikel bermanfaat lebih menyenangkan dan lebih memuaskan daripada hanya sekedar menulis artikel yang hanya berorientasi pada material belaka. Tapi tentu saja, akan lebih baik jika keduanya bisa dikombinasikan, bukan?

0 comments:

Post a Comment