Tips Beli Mobil Baru agar Tak Salah Pilih

Banyak orang yang merasa menyesal beli mobil baru setelah beberapa bulan kemudian. Mengapa? Karena mereka merasa salah pilih mobil. Mengapa hal tersebut kerap dialami oleh para pembeli mobil baru?


Tips agar tak menyesal beli mobil baru

Salah memilih saat beli mobil baru bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari, kurangnya pertimbangan, minimnya informasi, hingga kondisi budget yang terbatas. Oleh sebab itu, cobalah untuk membaca beberapa tips beli mobil baru 2021 seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini.

Tips Beli Mobil Baru agar Nggak Salah Pilih

Menambah pengetahuan dengan membaca tips beli mobil baru agar tidak salah pilih akan membantumu menghindari penyesalan di kemudian hari. Berikut adalah beberapa tips beli mobil yang sebaiknya kamu simak.

1. Tentukan Tujuan Beli Mobil Baru

Setiap orang punya tujuan yang berbeda-beda ketika membeli mobil. Ada yang beli mobil untuk menunjang pekerjaan, ada yang membeli untuk memfasilitasi keluarga, untuk menunjang aktivitas usaha, dan bahkan ada yang sengaja membeli mobil baru untuk disewakan.

Fokus pada tujuan membeli mobil akan memudahkan kita dalam memilih. Misalnya, jika tujuan kamu beli mobil adalah untuk menunjang pekerjaan. Maka, memilih mobil yang nyaman dan bisa mengakomodasi aktivitas sehari-hari adalah pilihan tepat.

Contohnya, jika pekerjaanmu mengharuskan kamu untuk sering mengemudi ke luar kota sendirian atau berdua dengan teman kerja. Maka sebaiknya, pilihlah mobil yang benar-benar nyaman untuk dikemudikan.

Mobil yang dilengkapi dengan cruise control, punya handling yang baik, menggunakan transmisi otomatis, serta menawarkan fitur yang bisa membantu kamu merasa lebih rileks saat mengemudi (semisal, fitur Tilt & Telescopic Steering) adalah pilihan tepat.


Pilihan mobil keluarga terbaik

Tapi, jika kamu beli mobil dengan tujuan untuk memfasilitasi keluarga agar bisa bepergian dengan sensasi yang lebih nyaman. Pertimbangkan mobil yang,

  • Dapat menampung semua anggota keluarga
  • Pilih mobil yang suspensinya empuk hingga ke baris belakang
  • Faktor keselamatan juga perlu dipertimbangkan. Karena itu, belilah mobil yang dilengkapi dengan seat belt hingga ke baris belakang, serta
  • Pertimbangkan juga untuk membeli mobil yang dilengkapi dengan AC double blower

2. Buatlah Perbandingan Mobil di Kelas dan Range Harga yang Sama

Membandingkan beberapa merek mobil di kelas dan rentang harga yang sama adalah salah satu teknik untuk mendapatkan mobil yang baik dan paling worth it atau value for money.


Mitsubishi Xpander vs Toyota Rush

Apa saja bagian dari mobil yang harus dibandingkan? Berikut adalah 8 diantaranya.

  1. Fitur
  2. Harga
  3. Garansi pabrik
  4. Gratis servis
  5. Ketersediaan tempat service
  6. Kenyamanan mengemudi
  7. Konsumsi BBM, dan
  8. After sales service

3. Fitur Keamanan

Fitur keamanan merupakan salah satu fitur paling penting pada mobil yang wajib untuk dipertimbangkan. Dua fitur keamanan yang paling utama adalah fitur airbag dan seat belt.


Honda Sensing Safety Systems

Baru setelah itu, kita harus mempertimbangkan beberapa fitur keamanan mobil berikut ini.

  • Anti lock braking system (ABS), adalah fitur rem mobil yang berfungsi untuk mencegah agar mobil tidak mengunci saat direm sehingga mobil tidak mudah tergelincir dan tetap bisa berakselerasi
  • Blind Spot Monitoring (BSM), adalah fitur yang sangat berguna untuk mencegah kecelakaan atau untuk mencegah agar mobil tidak terbentur/menabrak
  • Car Sensing. Fungsi utama fitur ini adalah untuk membantu pengemudi menghindari tabrakan atau menghindari menabrak pengguna jalan raya. Car sensing dirancang untuk mengingatkan pengemudi ketika ada orang atau objek yang menyebrang jalan atau ketika mobil mendekati mobil/benda di depannya

4.Cash vs Kredit

Beli mobil cash dan kredit, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Bagi kamu yang punya uang lebih, membeli secara cash tentu akan lebih menguntungkan.

Namun jika uang yang ada dibutuhkan untuk menambah modal usaha, tentu memutar uang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak harus diutamakan. Untuk itu, opsi kredit adalah alternatif beli mobil baru yang lebih baik.

Begitu pula apabila budget yang tersedia sangat terbatas, kredit mobil adalah pilihan tepat. Jika keuanganmu memungkinkan, pilihlah kredit dengan DP yang besar dan tenor yang singkat.

5. Beli Mobil Online Vs Offline

Di zaman yang serba modern dan serba digital ini, beli mobil tidak melulu harus offline dan datang ke dealer. Sekarang, beli mobil online bahkan lebih direkomendasikan karena alasan keselamatan. Mengingat, pandemi Covid-19 belum juga berakhir.


Tips Beli Mobil Baru 2021

Jika kamu tertarik untuk beli mobil terbaru 2021 secara online. Salah satu penyedia mobil online yang lengkap dan menawarkan harga bersaing, salah satunya adalah Seva.id. FYI, Sava adalah tempat beli mobil yang dibangun oleh PT. Astra. Jadi, bisa dibilang kalau tempat beli mobil online ini benar-benar terpercaya dan aman.

Sejauh yang saya tahu, beli mobil secara online di Seva sangat mudah dan menyenangkan. Di Seva, sebelum beli mobil terlebih dahulu kamu bisa melihat: reviewnya, menggali fitur-fiturnya, menginfeksi eksterior dan interior mobil, membandingkan harga, membuat simulasi kredit, dan bahkan bisa jual mobil lama untuk ditukar tambah dengan mobil baru 2021. Menarik, bukan?

0 Komentar